Temui Gubernur Sulut, PLN Dukung Pengembangan Listrik di Kepulauan, Investasi dan New Normal 

oleh -
Pertemuan General Manager PLN UIW Suluttengo dan tim dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (FOTO: Istimewa)

MANADO– Sebagai bagian dari upaya untuk membangun, menjaga dan meningkatkan koordinasi dan sinergisitas dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo Leo Maria Basuki Bremani dan Christyono sebagai General Manager PLN Suluttenggo yang lama didampingi Senior Manager SDM dan Umum, Galih Chrissetyo dan Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Manado, Andre Lengkong, mengadakan kunjungan silaturahmi di Kediaman Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, belum lama ini.

Dengan menggunakan protokol Covid-19, tim PLN bertukar pikiran dengan Dondokambey dalam situasi santai. Pertemuan tersebut pun berlangsung sangat hangat. Dalam Pertemuan ini, sekaligus digunakan Leo Basuki untuk memperkenalkan dirinya yang baru saja bertugas sebagai General Manager PLN UIW Suluttenggo. “Sebagaimana tugas yang diamanatkan oleh Perseroan untuk memenuhi kebutuhan suplai listrik jangka panjang serta ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulut, sehingga tidak ada hambatan,” ujar Leo yang sebelumnya bertugas sebagai Vice President Perencanaan dan Pengembangan Produk Inovatif di PT PLN (Persero) Kantor Pusat.

“Tugas PLN adalah menghadirkan infrastruktur ketenagalistrikan. Selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, untuk ikut mendukung kegiatan investasi di daerah demi tumbuhnya perekonomian, dengan banyaknya berkembang potensi bisnis di Sulawesi Utara  sehingga ada potensi penambahan pelanggan dan hal ini perlu di antisipasi. PLN siap untuk melancarkan rencana yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Sulawesi  Utara, baik dalam hal infrastruktur dan ketersediaan listrik untuk mendukung suplay dan demand sehingga ada keseimbangan. Sebagai bukti bahwa kami siap mendukung penuh pembangunan di Sulut di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung, Kawasan destinasi wisata prioritas salah satunya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang dan PLN siap ekspansi”, tambahnya.

Olly Dondokambey mengatakan, adapun saat ini peningkatan konsumsi listrik per kapita di Sulut mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan menggeliatnya bisnis pariwisata dan industri yang ada di Manado dan sekitarnya. Selain itu, sejalan dengan rencana-rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang akan membuat Sulut menjadi pusat perdagangan dan destinasi pariwisata premium di Indonesia.

“Tidak usah khawatir untuk melakukan investasi listrik di Sulawesi Utara, dalam waktu dekat kami akan mendorong investor berinvestasi membangun resort di Sulut, selain itu ada hotel-hotel yang saat ini sedang dalam pembangunan dan beberapa rumah sakit yang akan beroperasi serta kawasan terintegrasi untuk KEK Likupang,” terang Olly.

Olly menegaskan juga bahwa selain potensi alam dan sumber daya yang ada, ketersediaan listrik merupakan hal yang sangat penting saat investor akan masuk ke Sulawesi Utara. “Kami harap sinergi antara PLN dengan Pemerintah Provinsi (join planning) tetap terjalin, untuk mempermudah koordinasi pembangunan infrastruktur kelistrikan”, termasuk bahwa PLN bisa mensupport ketersediaan kelistrikan di kepulauan,” pungkas Olly. (Claudia Rahim/*)