Tingkatkan Mutu Pendidikan, PLN Bersinergi dengan Dinas Pendidikan Sulawesi Tengah

oleh -
stakeholder visitation dan dilaksanakan secara virtual menggunakan Aplikasi Zoom. (FOTO: Istimewa)

MANADO- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) melaksanakan kegiatan stakeholder visitation dan dilaksanakan secara virtual menggunakan Aplikasi Zoom di dua tempat berbeda, Selasa (23/6/2020). Di Kantor Dinas Pendidikan dan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama kepala dinas Irwan Lahace dihadiri Perwakilan Manajemen PLN Manager UP3 Palu, Muh. Wardi Hadi dan di Kantor PLN UIW Suluttenggo Galih Chrissetyo sebagai Manajer SDM dan Umum.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun hubungan silaturahmi antara PLN dan stakeholder, untuk melihat potensi dan harapan setiap stakeholder, serta menggali potensi kerja sama dalam mensukseskan program stakeholder yang mempunyai keterkaitan dengan dukungan PLN sebagai BUMN yang berfokus pada peningkatan customer experience.

Dalam pemaparannya, Senior Manager SDM dan Umum PLN UIW Suluttenggo Galih Chrissetyo, mengatakan bahwa PLN menyadari bahwa pendidikan adalah investasi masa depan, maka sebagai bentuk komitmen dan dukungan PLN melalui program CSR dan PKBL yang dapat mendukung bisnis inti perusahaan, mendukung program pemerintah dan SDG’s, juga terkait program sinergi antara BUMN dengan pihak stakeholder.

“Terkait program-program tersebut, bentuk nyata dari sinergi antara PLN dan Dinas Pendidikan yaitu PLN dapat berkontribusi sharing ilmu tentang kelistrikan ke sekolah-sekolah tersebar di Provinsi Sulawesi Tengah melalui Program Goes to School. PLN juga akan memberikan sarana dan akses yang nantinya dapat memudahkan siswa dalam belajar guna membantu meningkatkan mutu dan Kualitas Pendidikan seperti bantuan Sarana Komputer PLN Peduli. Selain itu, PLN juga menyiapkan tempat bagi siswa/mahasiswa yang mau pratikum atau magang di PLN, serta Adanya Program Kelas Kerjasama D3 dengan Politeknik yang ditunjuk PLN dengan Proses Seleksi dengan tahapan yang sudah ditentukan dengan biaya mandiri dari siswa yang apabila telah selesai menempuh perkuliahan dapat bekerja di PLN dengan Syarat terpenuhi seluruh kriteria dan level kompetensi yang dibutuhkan,” jelas Galih.

“Di sisi lain untuk mendukung program pemerintah dan SDG’s, yaitu program pemberdayaan desa dilokasi destinasi wisata, pemberdayaan difabel, penurunan tingkat stunting, dan program sesuai SDG’s. Vokasi SMK dan bantuan bencana alam,” terangnya.

Adapun, untuk program CSR dan PKBL PLN di 2020 dan perencanaan 2021 lebih banyak terkait program yang dampaknya berkelanjutan dua sampai tiga tahun ke depan. “Memang harus dipersiapkan dengan matang program-program yang sudah disiapkan, agar eksekusinya dapat berjalan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Irwan Lahace menyambut baik inisiasi PLN dalam rangka Pengembangan SDM melalui program CSR dan PKBL yang berorientasi pada bantuan pendidikan dan pelatihan.

“Kami memberikan apresiasi untuk program yang telah disiapkan oleh PLN ini, karena harus disadari juga bahwa pendidikan merupakan salah satu fondasi yang kuat untuk menjadikan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, untuk itu kami mengharapkan bahwa program-program yang telah disusun dan disiapkan agar dapat di koordinasikan dengan baik, dan manfaatnya dapat tetap sasaran,” katanya.

Dia menambahkan, apalagi terkait dengan program yang melibatkan peningkatan kompetensi sumber daya manusia Pendidikan karakter sangat penting diajarkan di semua sekolah karena mendidik siswa untuk menanamkan karakter dalam dirinya untuk berinovatif dan santun dalam menjalankan tugas dan kewajibannya hari-hari, baik di rumah maupun dillingkungan sekitarnya itu adalah sangat penting dan dalam pendidikan karakter di sekolah, semua komponen (stakeholders) harus dilibatkan termasuk PLN,” tambah Irwan.

Sebagai salah satu tindak lanjut pertemuan tersebut, kedua pihak baik PLN dan Dikda Sulteng sepakat untuk melakukan pertemuan intens terkait dengan pembahasan program yang sudah disiapkan PLN agar dapat selaras dengan perencanaan yang ada di Dinas Pendidikan dan juga Program CSR PLN Peduli 2021.

Turut hadir dalam Video Conference tersebut Manajer Komunikasi PLN UIW Suluttenggo Marthen Salmon, Assistant Manager Stakeholder Herry Tambajong, Manager Bagian KSA UP3 Palu Noven Koropit dan Tim Komunikasi PLN, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulteng, M. Yunus.

Pada Kesempatan ini juga tak lupa Tim PLN terus memperkenalkan PLN Mobile yang disediakan untuk kemudahan pelanggan dalam berhubungan dengan PLN. Dengan PLN Mobile nantinya pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan, dan pelanggan pun dapat menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telp menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan pulsa telepon, melainkan Paket Data), atau telepon CC123 dengan kode area kota masing-masing, dan kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore. (Claudia Rahim/*)