Festival Band Online Pertama di Kota Manado Sukses Digelar RockMan Family

oleh -

MANADO- Imbauan social dan physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona (Covid-19) di Kota Manado, bukan menjadi penghalang bagi para musisi untuk berkarya.

Memanfaatkan teknologi digital, RMF (RockMan Family) sukses menggelar festival band online (Daring) yang finalnya telah dilaksanakan Jumat (24/7/2020) lalu, dengan menggandeng SINDOMANADO.COM sebagai media partner.

“Masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang terhenti dalam beraktivitas, tak terkecuali para musisi. Event musik adalah media para musisi dalam mengekspresikan talentanya, terlebih khusus di Kota Manado. Karena itu, kami berinisiatif untuk melaksanakan event ini,” ujar pencetus Festival Band Online, Steven W Mongkau, Selasa (28/7/2020).

Kata dia, surat edaran pemerintah daerah untuk melarang aktivitas perkumpulan massa secara langsung berdampak pada aktivitas musisi, menghentikan semua event.

“RMF RockMan Family memang komunitas musik yang baru seumur jagung. Namun melihat kondisi sekarang ini, kami berani bergerak dengan kreatif, membuat sebuah event festival band yang tidak mengumpulkan banyak orang, mengedepankan protocol kesehatan dengan sistem lomba yang sebenarnya dan memanfaatkan teknologi,” jelas Denny, panitia pelaksana.

Adapun, event festival online pertama di Kota Manado ini, tidak meninggalkan esensial aroma kompetisi. Tahapan dalam festival ini dimulai sejak 1-15 Juli untuk pendaftaran band peserta dengan memasukkan video rekaman langsung dari band bersangkutan.

Pendaftaran sendiri dilakukan melalui daring via WhatsApp dan Facebook. Terjaring 21 Band dari Kota Manado dan sekitarnnya, tetapi hanya 11 band yang menyelesaikan proses pendaftaran dengan baik dan pendaftaran untuk kompetisi ini gratis. Diketahui, peserta “Festival Band Online 2020” antara lain: IG Band, D’Marksman Band, MRLC Band, D’sos PM Band, Octarthur Band (Likupang Timur). Kemudian, Majesty Band, Sepertiga Malam Band, Spabers Band (Kawangkoan), BT Project Band (Tondano), JB Project Band dan DCT Band, band cilik (Tomohon).

Adapun, RockMan adalah Komunitas Rocker Manado, Sulawesi Utara yang terbentuk 21 Juni 2020. Muncul di masa pandemi Covid-19, didasarkan atas akan kepedulian terhadap seni dan musik di Kota Manado.bRockMan family membuat kegiatan ini dengan tujuan untuk membantu para seniman dan musisi yang terdampak Covid-19, tetntunya bersinergi dengan pemerintah, melakukan semua protokol kesehatan yang ditetapkan.

Berbagai kegiatan sudah RMF. Mulai dari pemberian bantuan sembako dan masker bagi para musisi dan pelaku seni, penyediaan alat sarana mencuci tangan di tempat umum. (Claudia Rahim)