PLN Peduli Serahkan Bantuan untuk Rumah Ibadah Umat Hindu di Sulawesi Utara

oleh -
Foto bersama pihak PLN Unit Induk Wilayah Suluttengo dengan Polda Sulut dan pengurus rumah ibadah umat Hindu. (Istimewa)

MANADO – PLN sebagai salah satu BUMN di Indonesia tidak hanya dikenal sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik saja, namun PLN memiliki tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa dikenal Corporate Social Responsibility (CSR) dalam hal kepedulian terhadap kemajemukan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, PLN concern pada kepedulian kerukunan antarumat beragama yang ada dilingkungan kerja PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo).

Pada kesempatan ini, PLN menyerahkan bantuan pembangunan rumah ibadah kepada beberapa Pura yang ada di Provinsi Sulawesi Utara seperti Pura Ganesha di Karombasan, dan Pura Prajapati dan Krematorium di Desa Koka.

Adapun, penyerahan bantuan diserahkan di lokasi Pura Ganesha yang berlokasi tepat di Kompleks SPN Karombasan. Turut hadir mewakili pihak PLN yaitu General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo Leo Basuki, Senior Manager SDM dan Umum Galih Chrissetyo, Senior Manager Keuangan Oky Zulsjahmi dan perwakilan pegawai PLN lainnya. Rombongan disambut langsung oleh Kepala SPN Karombasan Polda Sulut Kombes Pol. Meity Wongkar bersama jajarannya, serta perwakilan umat hindu di kota Manado Ida Ketut Alit.

Dalam sambutannya, Kepala SPN Karombasan Polda Sulut Kombes Pol. Meity Wongkar memberikan apresiasi kepada pihak PLN yang sudah membantu pembangunan rumah ibadah pura yang berlokasi di SPN Karombasan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian PLN dalam program CSR nya yang sudah mengambil bagian dalam membantu rumah ibadah yang ada dilingkungan SPN Karombasan dalam hal ini Pura Ganesha. Ini tentu sangat berarti untuk kami, karena rumah ibadah merupakan pondasi yang utama bagi setiap insan manusia terutama bagi kami dari pihak Kepolisian dan umat Hindu yang datang beribadah disini,” tutur Meity, kemarin.

General Manager PLN UIW Suluttenggo Leo Basuki pun menyampaikan terima kasih untuk sambutan yang baik dari pihak SPN dan Pengurus Pura Ganesha yang sudah menerima PLN, dan bersedia untuk dibantu melalui program CSR PLN Peduli.

“Masih di suasana new normal ini, kami sangat mengharapkan melalui bantuan pembangunan rumah ibadah ini dapat memberi manfaat bagi umat Hindu terlebih khusus yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dalam hal penyediaan tempat ibadah yang layak sehingga umat Hindu yang ada dapat beribadah dengan nyaman dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta dapat memberi dampak energy optimism terhadap sesama,” ucap Leo.

Leo Basuki menyampaikan suatu harapan, jika diberikan kesempatan oleh pihak SPN Polda Sulut, pihak PLN dapat diberikan jadwal untuk memberikan meteri terkait dengan kelistrikan secara umum pada seluruh siswa dan personil yang ada di SPN Polda Sulut. Tentu hal ini menjadi harapan PLN agar dapat diberikan kesempatan itu sehingga peluang sinergi kedua pihak dapat terus terjaga.

“Pada kesempatan ini juga kami mau menyampaikan bahwa PLN sekarang ada yang namanya Promo Tambah Daya Super Wow, yaitu promo yang dikhususkan untuk pelanggan rumah tangga yang akan melakukan tambah daya ke daya 2.200 sampai 5.500 VA hanya dengan membayar Rp170.845 Dimana promo ini berlaku sampai dengan 30 September 2020. Ini menjadi kesempatan kita bersama, kami berharap semoga informasi ini dapat diteruskan kepada seluruh masyarakat.” tambah Leo.

Senada dengan itu, Senior Manager SDM dan General Affairs Galih Chrissetyo yang menangani fungsi CSR menyampaikan bahwa PLN sudah mempersiapkan beberapa bantuan yang diperuntukan bagi rumah ibadah yang nantinya juga ada diadakan ceremonial penyerahannya dalam waktu dekat dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19.

“Kami sampaikan bahwa ada sekira 27 rumah ibadah di Provinsi Sulawesi Utara, empat di Provinsi Sulawesi Tengah, dan empat lagi di Provinsi Gorontalo. Sehingga total ada sekitar 35 rumah ibadah yang terdiri dari Gereja, Masjid dan Pura, yang pada kesempatan ini kami salurkan bantuan CSR dengan total yang disalurkan mencapai Rp350.000.000. Tentu saja hal ini menjadi komitmen kami untuk menabur kebaikan bersama, demi untuk terwujudnya kerukunan antar umat beragama yang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan hidup berdampingan sebagai masyarakat yang majemuk, dan menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang akan berulangtahun ke-75 ini menjadi bangsa yang semakin besar dan maju,” tutup Galih. (claudia rahim)