PLN Peduli Dukung Penghijauan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo Jadi Destinasi Ekowisata Alam

oleh -
Suasana penyerahan bantuan bibit dari PLN Suluttenggo. (FOTO:Istimewa)

GORONTALO- PT PLN (Persero) sebagai salah satu BUMN, memiliki tanggung jawab sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerjanya. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo hadir dengan program PLN Peduli memberi bantuan untuk pelestarian alam lewat penyediaan bibit pohon buah unggulan.

Penyerahan bantuan mewakili General Manager PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo yaitu Manajer UP3 Gorontalo Supriyadi didampingi Manajer Bagian Keuangan SDM dan Administrasi, Rully S. Malie, belum lama ini. Bantuan langsung diterima oleh Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifly Katili.

Kali ini, bantuan PLN membantu masyarakat dengan fokus pada Penyediaan bibit pohon buah unggulan sejumlah Rp37.500.000 atau 4.150 bibit buah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifly Katili mengungkapkan, aksi penanaman ini melibatkan peserta penanaman terdiri dari Satuan Karya (Saka) Pariwisata dan Saka Wanabakti gerakan pramuka, kelompok ekowisata, pegiat lingkungan dan masyarakat yang ikut berpartisipasi, dimana jumlah bibit pohon yang ditanam sebanyak 4.150 batang bibit. Terdiri dari jenis tanaman acasia agium, johar, trembesi, tanjung, glodokan, gamelina, sengon, jabon merah, jambu biji, jambu mente, sirsak, durian dan jeruk nipis. Kemudian secara partisipatif berangsur akan ditanami oleh kelompok ekowisata burung Maleo Tulabolo dan masyarakat yang akan menanamnya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada PLN yang telah begitu peduli kepada kami, semoga apa yang sama-sama kita harapkan PLN semakin maju dan semakin jaya,” ujarnya.

Wakil Gubernur Idris Rahim ketika memberikan sambutannya mengatakan bahwa kawasan ini merupakan salah satu destinasi pariwisata, tetapi bencana alam terutama banjir yang melanda daerah akhir-akhir ini tentu akan menghilangkan daya tariknya untuk wisatawan, terutama kegiatan wisata minat khusus.

Dia mengajak masyarakat secara bersama-sama menjaga lingkungan hidup. “Biasakanlah kita untuk menanam bibit pohon, seperti saat ini kita lakukan, karena manfaatnya cukup besar. Selain untuk mengendalikan banjir dan bencara alam lainnya, juga secara ekonomis menopang aktivitas hidup kita. Mari kita menanam untuk kita dan anak cucu nanti. Untuk kegiatan ini pohon-pohon yang nanti ditanam harus di pelihara, harus ada yang bertanggung jawab terhadap bantuan CSR yang PLN berikan ini,” tambah Idris

Manajer PLN (Persero) UP3 Wilayah Gorontalo Supriyadi pada sambutannya menyampaikan kegiatan ini berasal dari program CSR PLN Peduli adalah bentuk partisipasi BUMN terhadap pembangunan daerah khususnya pengembangan pariwisata juga dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan alam sehingga tetap terawat. Kerja sama antara Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dengan PT. PLN (Persero) UIW Suluttenggo dapat diupayakan terus berlanjut dan perlu ditingkatkan.

Dari tempat yang berbeda, General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki, menambahkan, melalui bantuan PLN Peduli sebagai wujud dari komitmen PLN untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat.

Tak Lupa Senior Manager SDM dan General Affairs, Galih Chrissetyo menekankan, 2020 ini PLN sangat fokus di tiga Provinsi Sulut, Sulteng dan Gorontalo, untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai penyangga eksosistem dan bahkan kawasan ekowisata. Beberapa bencana banjir yang terjadi akhir-akhir ini turut menjadi fokus bahwa arah ke depan PLN dengan semangat transformasi PLN (Lean, Green, Innovative, dan Customer Focused) melalui Program Peduli akan terus berkomitmen membangun CSR dengan fokus Sustainable Development Goals (SDGs), dimana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 Program SDGs meliputi pengentasan kemiskinan, pangan, kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender. Kemudian, ketersediaan air, ketersediaan energi, peningkatan perekonomian masyarakat, infrastruktur, iklim, pemukiman, ekosistem kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan,” tutup Galih. (Claudia Rahim/*)