Raih 51,3 Suara, Katuuk Nakhoda Baru Universitas Negeri Manado

oleh
Rektor Unima terpilih, Deitje Katuuk. (FOTO: Istimewa)

TONDANO – Setelah melalui proses tahapan dan pemilihan, Deitje Adolfien Katuuk akhirnya terpilih sebagai rektor Universitas Negeri Manado (Unima) melalui Sidang Senat. Katuuk  meraih 51,3 suara senat maupun menteri di Gedung Auditorium Unima, Rabu (19/8/2020).

Dari hasil pemilihan tersebut, Katuuk mengalahkan dua rival calon rektor lainnya, Revolson Mege 32 suara dan Rudi Repi sembilan suara. Total suara dalam pemilihan tersebut sebanyak 92,3, sudah ditambah dengan suara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 32,3 suara.

Katuuk usai pemilihan mengungkapkan rasa syukur atas kepercayaan yang sudah diberikan para anggota senat dan menteri. “Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena sudah terselenggara pemilihan ini dengan baik dan kita akan menunggu proses selanjutnya. Berterima kasih juga kepada para anggota senat dan kementerian yang sudah memilih,” sebut nakhoda baru universitas yang berlokasi di Kabupaten Minahasa tersebut.

Sementara itu, Rektor Unima Julyeta Runtuwene berharap rektor terpilih bisa menjalankan amanah sesuai dengan visi. “Banyak selamat kepada yang sudah terpilih, harapan kedepan kiranya dapat memajukan Unima ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Adapun, dalam pemilihan rektor ini. Awalnya dilakukan dengan menggunakan e-voting, namun karena terdapat kesalahan sistem maka dilanjutkan dengan pemilihan secara langsung atau manual. (Martsindy Rasuh)