Menkes Terawan Serahkan Mobil PCR, Gubernur Olly: Bantu Percepat Penanganan Covid-19

oleh -
Menkes RI dr Terawan saat menyerahkan mobil PCR kepada Gubernur Olly Dondokambey. (Istimewa).

MANADO – Menteri Kesehatan (Menkes) RI dr Terawan menyerahkan langsung mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Gubernur Olly Dondokambey di halaman VVIP Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Selasa (25/8/2020).

Gubernur Olly berterima kasih kepada Pemerintah Pusat atas dukungan penanganan Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) lewat bantuan mobil PCR tersebut

“Kehadiran mobil PCR ini, akan semakin percepat penanganan Covid-19 di daerah ini. Saya atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat,” ungkap Olly.

Dia menyebut, mobil PCR tersebut akan memaksimalkan upaya mendekteksi penyebaran Covid-19.

“Mobil PCR ini akan beroperasi di kabupaten/kota. Intinya, kita akan berupaya bersama memaksimalkan penanganan Covid-19, guna terus menekan penyebarannya,” tandas Olly.

Mobil PCR ini merupakan bantuan Rajawali Foundation berstandar WHO kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut.

Bantuan satu unit Mobil Laboratorium PCR  senilai Rp4,2 miliar ini merupakan Mobil PCR kedua di Indonesia yang berstandar WHO. Mobil ini bakal dioptimalkan untuk menjangkau kabupaten dan kota di Sulut yang membutuhkan tes PCR.

Selain itu, mobil laboratorium ini memiliki bio safety cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter, serta fasilitas pengaman lainnya untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi WHO. (rivco tololiu)