Tingkatkan Nilai Ekspor, Pemprov Sulut Genjot Sektor Pertanian

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Istimewa)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus menggenjot banyak program untuk meningkatkan produksi hasil pertanian.

“Hasil pertanian dapat meningkatkan nilai ekspor Sulut dan membantu dalam peningkatan perekonomian daerah,” ungkap Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kamis (27/8/2020).

Dia menyebut upaya yang dilakukan yaitu memaksimalkan program baik lewat bantuan, subsidi pertanian serta menggalakan Gerakan Marijo ba Kobong.

“Program pertanian harus juga ditunjang bersama oleh pemda di kabupaten/kota. Kita harus bersama untuk terus membangkitkan hasil pertanian daerah yang punya banyak potensi,” ujarnya.

Olly mengakui, banyak hasil pertanian yang ikut diekspor saat pelepasan ke belasan negara waktu lalu di Bitung.

“Itu nilainya sangat besar dan harus kita dorong terus. Saya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur agar bisa digarap,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Sulut, Novly Wowiling menjelaskan pihaknya terus memaksimalkan program untuk membantu petani.

“Seperti bantuan beni dan peralatan rutin kita salurkan. Apalagi ada asuransi pertanian yang saat ini untuk petani sawah,” bebernya.

Pihaknya juga terus membangun sinergi dan koordinasi bersama dinas pertanian kabupaten/kota untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian yang bernilai ekonomi tinggi.

“Tentunya ini butuh sinergi dan kerja sama kita semua supaya hasilnya bisa optimal untuk mensejahterakan masyarakat,” tandasnya. (rivco tololiu)