Bahaya dan Berpotensi Memutus Jaringan Listrik, PLN Imbau Masyarakat Hati-Hati Memasang Baliho

oleh -

MANADO- Adanya baliho, reklame, spanduk atau sejenisnya yang berdiri dan terpasang dekat dengan jaringan kabel listrik, sangat berpotensi mengundang bahaya bagi masyarakat. Selain membahayakan warga sekitar dan warga yang melintas, juga bisa menyebabkan terputusnya aliran listrik akibat gangguan.

Terhentinya pasokan aliran listrik pada beberapa daerah di Kota Manado yang terjadi pada Selasa (22/9/2020) dini hari pukul 02.16 WITA, diketahui penyebabnya adalah pemasangan baliho yang menyentuh jaringan listrik.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado bertindak cepat mencari sumber gangguan berhasil menormalkan kembali pasokan listrik sehingga pukul 03.01 WITA aliran listrik pada daerah terdampak sudah normal kembali.

Manajer PLN UP3 Manado, Andre Lengkong menjelaskan, dalam pemasangan baliho/spanduk ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pada saat proses pemasangan agar tidak terlalu dekat dengan jaringan listrik, karena menyenggol sedikit saja kabel listrik bisa berakibat sangat fatal terutama untuk keselamatan pemasang spanduk/baliho.

“Tentunya perlu ada pemahaman kepada kita semua bahwa ada batasan jarak antara jaringan listrik dengan baliho, pohon dan benda-benda lainnya, terlebih lagi ditengah Pesta Demokrasi dalam kontestasi pemilihan daerah sedang berlangsung, marak pemasangan baliho tersebut. Kami menghimbau, agar kita bisa memperhatikan jarak aman dalam pemasangan baliho tersebut, agar tidak ada korban jiwa atau putusnya aliran pasokan tenaga listrik,” ujar Andre Lengkong, belum lama ini.

Senior Manager Distribusi, Diksi Erfani turut menyampaikan pula bahwa kesiapan pasokan listrik dalam menyambut pemilihan kepala daerah. PLN UIW Suluttenggo siap untuk menjaga pasokan tersebut di seluruh wilayah kerja, baik Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Kesiapan tersebut juga dengan dilakukannya pemeliharaan rutin, baik di Gardu Distribusi, Pemerataan Beban Trafo, serta pengamanan jaringan, dengan pemangkasan pohon setiap hari yang dekat dengan jaringan ataupun yang akan menyentuh jaringan melalui program line distancing, serta menyiagakan petugas siaga, agar recovery pemulihan bisa dapat segera dilakukan, hal ini sebagai upaya menjaga kehandalan pasokan jaringan listrik,” ujar Diksi.

Listrik memang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Namun bila tidak berhati-hati, energi listrik bisa berbahaya. PLN mengimbau untuk menghindari beberapa kegiatan yang dapat mengganggu jaringan listrik. Antara lain:

1. Memasang antena/reklame/baliho/umbul umbul/neon box di dekat jaringan listrik
2. Bermain layang-layang di sekitar jaringan listrik
3. Mencantol listrik untuk penerangan
4. Mendirikan atau memperbaiki bangunan yang terlalu dekat dengan jaringan listrik tanpa koordinasi dengan PLN
5. Membakar sampah atau bermain petasan di bawah jaringan listrik
6. Membiarkan ranting-ranting pohon mengenai jaringan listrik
7. Memarkir truk atau trailer di dekat jaringan listrik.

Untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan, mari jaga jaringan listrik demi kemanan dan kenyamanan bersama. Apabila ada yang melakukan tindakan membahayakan jaringan listrik maka peringatkan, hentikan, dan laporkan ke contact center PLN 123. (Claudia Rahim/*)