Jalankan Instruksi Mendagri, Agus Fatoni Pantau Penerapan Covid-19 di Pusat Perbelanjaan

oleh -
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan Asisten III Gemmy Kawatu meninjau pusat perbelanjaan. (istimewa)

MANADO – Arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, agar penjabat sementara (Pjs) dapat menangani Covid-19 di daerahnya langsung ditindaklanjuti Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Agus Fatoni.

Terbukti, Fatoni melakukan pemantauan di pusat keramaian dan perbelanjaan di Kota Manado pada pada siang dan malam hari, Minggu (27/9) lalu.

Tujuannya untuk memastikan apakah protokol kesehatan benar-benar telah diterapkan oleh masyarakat Kota Manado.

Sejumlah tempat yang dikunjungi, antara lain rumah makan, Manado Town Square, kawasan Megamas dan pusat keramaian lainnya.

“Hal ini guna memastikan agar penerapan protokol  3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) diterapkan oleh masyarakat Manado,” kata Fatoni, kemarin.

Seperti diketahui, angka Covid-19 di Kota Manado terhitung per 27 September 2020 pukul 18:00 WITA, kasus yang terkonfirmasi positif mencapai 2.019. Sedangkan pasien yang sembuh sebanyak 1.551 dan 93 meninggal.

“Untuk itulah maka penerapan protokol kesehatan perlu lebih ditingkatkan. Dengan disiplin protokol kesehatan diharapkan penyebaran pandemi dapat dikendalikan dan diatasi,” tuturnya.

Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo menyebut, penerapan protokol Covid-19 di pusat-pusat perbelanjaan sebelumnya sudah diingatkan.

“Ini pastinya menjadi keharusan guna menekan penyebaran Covid-19. Penerapan protokol kesehatan hal yang wajib ditaati,” sebut Kalalo.

Dia menjelaskan, saat ini mobil lab PCR milik Pemprov Sulut terus dioperasikan di sejumlah titik. Pengoperasian awal menyasar sejumlah pusat perbelanjaan seperti Manado Town Square.

“Mobil PCR parkir hingga malam. Warga yang ingin melakukan swab gratis bisa mendatangi mobil tersebut, dan akan dilayani oleh petugas. Sejauh ini, antusias  warga yang ingin melakukan swab cukup besar. Ini patut diapresiasi untuk menekan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Kalalo juga mengimbau warga agar tetap patuh menjalankan protokol kesehatan, karena mengingat kasus positif terus bertambah setiap harinya.

“Pandemi ini belum berakhir. Mari kita jaga diri sendiri dan keluarga kita. Rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak, merupakan tindakan yang dapat menghindarkan kita dari ancaman penularan virus. Kiranya ini dapat menjadi perhatian bersama,” tukasnya.

Saat melakukan peninjauan pusat perbelanjaan, Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni turut didampingi Sekdaprov Sulut Sulut Edwin Silangen dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Gemmy Kawatu. (rivco tololiu)