Pjs Bupati Clay Dondokambey dan Jajaran Jumpa Wartawan Biro Minut

oleh -
Wartawan Biro Minahasa Utara Berdialog dengan Pemerintah Daerah. (Ist)

AIRMADIDI- Pers liputan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), berdialog dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Minut, Jumat (16/10/2020) di salah satu rumah makan kompleks Zero Point Matungkas Sukur.

Dalam acara Coffe Morning tersebut, para wartawan banyak memberikan masukan, saran dan koreksi konstruktif dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Minahasa Utara.

Bahkan juga dalam media komunikasi tersebut, pers memberikan masukan, ide dan gagasan kepada Pemerintah Daerah dan DPRD Minut, sebagai bentuk sinergitas serta evaluasi penyelenggaraan pemerintahan.

Mulai dari kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), disiplin, penanganan dan Pencegaham Covid-19, penanganan kebersihan, penempatan jabatan pejabat, netralitas ASN, penghasilan tetap perangkat desa, dan tenaga harian lepas (THL), transparansi, maupun sinergitas dan kemitraan dengan pers.

Pers banyak memberikan pertanyaan, sesuai kondisi lapangan dlalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Didampingi Forkopimda dan sejumlah Perangkat Daerah, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay Dondokambey, di hadapan pers, dirinya langsung memberikan hak jawab, klarifikasi atas pemberitaan selama ini.

Bahkab Dondokambey, langsung menjawab dan menjelaskan pertanyaan kritis wartawan secara konstruktif rasional atas penyelenggaraan pemerintahan selama dirinya memimpin Minut, sejak 26 September 2020.

“Marilah kita bangun kebersamaan dan sinergitas membangun Minut. Marilah saling koordinasi dan komunikasi dengan baik dan jelas, serta terarah. Komunikasi yang baik dan jelas, tentunya menghasilkan pemberitaan yang jelas dan tuntas, berimbang,” kata Dondokambey.

Dondokambey juga memaparkan enam tugas dirinya, sesuai SK Mendagri dalam penugasan sebagai Pjs bupati di Minut Minahasa Utara. Yakni, pertama menjalankan roda pemerintahan selama ditinggal oleh Bupati dan Wakil Bupati definitif melaksanakan cuti Pilkada. Kedua bersama unsur Forkopimda dan stakeholder terkait, menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Ketiga memfasilitasi jalannya pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah yang aman, damai, tertib dan lancar. Keempat melaksanakan penandatanganan rancangan peraturan daerah dan peraturan daerah bersama DPRD atas seijin Mendageri.

“Yang kelima dulu saya sampaikan, yakni melanjutkan tugas sebagai kepala satuan tugas penanganan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Minut,” jelas dia.

Lanjut dia, yang keenam adalah melakukan pengisian jabatan lowong atas seijin Mendagri. Katanya, hal ini sementara dikaji, dan dirinya telah meminta Daftar Urut Kepangkatan (DUK) ASN, daftar jabatan-jabatan kosong, serta melakukan kajian bersama Baperjakat bauk kepangkatan ASN, disiplin ilmu, pendidikan dan jenjang pelatihan maupun literasi lain yang dimiliki ASN. Sehingga bisa mengisi jabatan lowong dengan ASN yang tepat. “Sesuai penugasan, hal itu memungkinkan,” jelas suami Silvya Tambelu itu.

Hadir dalam Coffe Morning tersebut, Forkopimda, yakni Ketua DPRD Denny Lolong, Kapolres AKBP Grace Rahakbau, Ketua PN Airmadidi Muhamad Sholeh, Kajari Fanny Widyastuti serta sejumlah perangkat daerah teknis dan puluhan wartawan liputan Minut.