Perkuat Layanan Kesehatan, Pemkot Manado Sumbang Satu Unit Ambulans untuk RS Advent Manado

oleh -
Wali Kota GS Vicky Lumentut didampingi Sekretaris Kota Micler Lakat menyerahkan kunci mobil ambulans kepada Ketua GMAHK Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur Pdt Samuel Yotam Bindosano di Aula Rumah Sakit Advent Manado, Rabu (21/10/2020).

MANADO — Menjadi salah satu daerah destinasi utama wisata di Indonesia, pembenahan di sektor pariwisata terus dilakukan Pemerintah Kota (pemkot) Manado.

Apalagi, beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata telah menjadi andalan untuk menggerakan perekonomian masyarakat. Teranyar, pemkot saat ini tengah melirik peluang menjadikan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara menjadi daerah destinasi wisata kesehatan. Hal ini diungkapkan Wali Kota GS Vicky Lumentut menyerahka bantuan satu unit ambulans kepada Rumah Sakit Advent Manado, kemarin. “Bantuan ambulans ini merupakan salah satu upaya pemkot memperkuat pelayanan kesehatan di RS Advent yang nantinya menopang program mewujudkan Manado daerah wisata kesehatan,” terang Lumentut, Rabu (21/10/2020).

Wali Kota GS Vicky Lumentut didampingi Sekretaris Kota Micler Lakat bersama Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene, Ketua GMAHK UKIKT Pdt Samuel Bindosano serta Direktur RSA dr Ruben Supit dan jajaran saat meninjau fasilitas dalam mobil ambulans bantuan pemkot untuk RSA Manado.

 

Wali kota dua periode itu menjelaskan, pengembangan wisata kesehatan kini sedang dilakukan dengan mendukung layanan kesehatan dengan menghadirkan RS khusus. Seperti RS Mata dan Gigi dan Mulut yang telah siap beroperasi dengan peralatan canggih dari Eropa. “Kita tiru Penang dan Singapura dalam hal penyediaan layanan kesehatan berkualitas. Hadirnya sejumlah RS berskala internasional, kita harapkan, warga dari provinsi tetangga di Indonesia Timur bahkan luar negeri bisa memercayakan pelayanan kesehatan di Manado. Dan ini akan berimbas besar pada perekonomian,” papar Lumentut.

Ketua GMAHK Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur Pdt Samuel Yotam Bindosano mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas perhatian pemkot terhadap RS Advent Manado. “Sejak mulai dibangun sekira 16 tahun lalu hingga pengoperasian RS Advent hingga saat ini kepedulian besar ditunjukan pak Vicky Lumentut saat masih menjabat sekda hingga wali kota. RS Advent berkomitmen terus memperbaiki layanan kesehatan untuk menopang semua program pemkot,” ujar Pdt Samuel diiyakan Direktur RS Advent Manado dr Ruben Supit.

Penyerahan bantuan sosial covid-19 berupa paket bahan pokok untuk karyawan/ti RS Advent Manado.

Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene yang juga hadir dalam kesempatan tersebut memuji sejumlah terobosan yang dihadirkan pemkot untuk peningkatan layanan kesehatan. “Komisi IX yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan siap membantu pemkot dengan mengalokasikan sejumlah bantuan saat RSUD Manado mulai beroperasi tahun depan,” janji Srikandi Partai NasDem itu.

Selain penyerahan satu unit ambulans, Wali Kota GS Vicky Lumentut didampingi Sekretaris Kota Micler Lakat, Kepala Dinas Kesehatan dr Ivan Marthen dan Kepala Dinas Sosial Sammy Kaawoan juga menyerahkan bantuan paket bahan pokok untuk karyawan/ti terdampak covid-19. “Paket bahan pokok yang diserahkan berupa beras 10kg, 15 ikan kaleng dan masker,” tukas Kaawoan. (kimgerry)