Hari Pertama, 200 Pekerja Ikut Rapid dan Swab Test Gratis

oleh -
Tampak, rapid dan swab test untuk pekerja digelar Disnakertrans Sulut di kawasan parkir Megamall Manado. (istimewa)

MANADO – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan rapid dan swab test gratis untuk para pekerja. Pemeriksaan tersebut bertempat di kawasan parkir Megamall Manado yang dimulai 26-28 Oktober 2020.

Rapid dan swab gratis merupakan tindak lanjut surat Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kerja (K3) Nomor 5/360/AS.04.01/X/2020 tanggal 21 Oktober 2020, perihal Rekruitmen Peserta dalam Pelaksanaan Rapid Test.

“Tes dilakukan mulai pagi tadi hingga 28 Oktober 2020 antara pukul 08.00-pukul 16.00 WITA. Tadi ada sekira 200 pekerja yang ikut rapid dan swab,” ungkap Tumundo, Senin (26/10/2020).

Ia menyebut, kegiatan ini juga salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Apalagi, kata Tumundo, hasil tes rapid dan swab menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh para pekerja dan karyawan.

“Bagi para pekerja atau calon pekerja yang ingin rapid dan swab gratis bisa datang ke lokasi di kawasan parkir Megamal Manado,” ajaknya.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Sulut dr Debie Kalalo memberi apresiasi atas giat rapid dan swab gratis yang digelar Disnakertrans Sulut. Ia mengatakan, makin banyak instansi pemerintah dan swasta yang menggelar kegiatan seperti itu, tentu akan sangat membantu pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Ini kegiatan yang baik untuk kita bersama menekan penyebaran covid. Apalagi kasus positif tidak dipungkiri masih terus bertambah meski tidak signifikan,” ujar Kalalo.

Ia juga mendorong semua tempat kerja baik di lingkungan perkantoran pemerintah dan swasta, serta perusahaan lainnya untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

“Terutama menyiapkan tes pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, dan memberi tanda soal pemakaian masker, jaga jarak dan tindak berkerumun,” sebutnya.

Kalalo juga mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan rutin pakai maskser, rajin cuci tangan, jaga jarak serta menghindari keramaian.

“Dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 butuh peran aktif kita bersama. Untuk itu, mari kita disiplin menerapkan protokol Covid-19 ini,” tandasnya. (rivco tololiu)