Sulut Daerah Rawan Bencana, Pjs Gubernur Agus Fatoni Ajak Semua Pihak Tetap Siaga

oleh
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni saat menghadiri Apel Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana di Manado, Selasa (3/11/2020). (istimewa)

MANADO – Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni menghadiri kegiatan Apel Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Lapangan Koni Sario Manado, Selasa (3/11/2020).

Pada kesempatan itu, Pjs Gubernur Fatoni mengatakan bahwa kesiapsiagaan dan mitigasi bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi bencana. Pasalnya, saat ini paradigma penanggulangan bencana telah berubah dari responsif menjadi preventif.

Diketahui, Provinsi Sulut termasuk daerah yang mempunyai banyak potensi bencana alam, diantaranya banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, serta erupsi gunung api. Ini karena di Sulut ada 8 gunung api aktif yaitu lokon, soputan, mahawu, karangetang, ambang, awu, ruang, tangkoko.

“Ini yang perlu diantisipasi, melalui apel saat ini dapat mempersiapkan dan meningkatkan kesiapsiagaan semua unsur dalam penanggulangan bencana di daerah kita ini, baik pemerintah, masyarakat relawan serta kesiapan sarana dan prasarana agar kita selalu siap dan dapat menekan resiko bencana alam di Sulut,” jelasnya.

Fatoni juga menyinggung slogan Kepala BNPB “Bencana Urusan Bersama” sekaligus mengingatkan seluruh elemen untuk ikut serta dan bersama-sama bekerja dalam upaya penanggulangan bencana di Sulut.

“Koordinasi dan komunikasi yang cepat dari unsur penanggulangan bencana di kabupaten/kota dengan unit yang ada di provinsi untuk terus dimaksimalkan sehingga respon cepat dan keterpaduan dalam bencana dapat tercipta untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi,” ujarnya. (rivco tololiu)