Buka Mukercab, Wali Kota GSVL Minta IKISST Manado Perkokoh Toleransi Umat Beragama dan Ciptakan SDM Handal

oleh -
Foto bersama Wali Kota GS Vicky Lumentut dengan sejumlah pengurus DPC IKISST Kota Manado.

MANADO — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (IKISST) Kota Manado menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Senin (29/11/2020).

Wali Kota GS Vicky Lumentut dalam sambutannya mengatakan, Manado adalah rumah kita bersama, rumah bagi kerukunan dan keberagaman dan telah mendapat pengakuan dari pemerintah nasional dengan ditetapkanya Manado sebagai Kota Toleran sejak 2017. “Manado adalah ruang perjumpaaan bagi berbagai agama dan tradisi,” kata Lumentut saat membuka Muskercab IKISST Kota Manado.

Untuk itu, lanjut dia, diharapkan mukercab ini dapat menyusun program dan kegiatan organisasi yang mengupayakan pengembangan bagi kemajuan kualitas sumber daya manusia warga IKISST di Kota Manado dan mengedepankan kerukunan antar warga dan toleransi antarumat beragama di kota ini. “Penting bagi kita untuk mengembangkan sumber daya manusia dan hal ini tidak hanya terwujud dalam pendidikan formal saja tetapi juga melalui kegiatan peningkatan dan pemberdayaan ketrampilan dan upaya-upaya untuk menggali kerarifan lokal. IKISST harus mampu merumuskan kegiatan budaya yang memiliki kearifan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),” harap wali kota dua periode itu.

Ia pun mengajak agar IKISST mampu beradaptasi dan berakselerasi dengan kemajuan zaman dan perkembangan terkini dengan menguasai pengetahuan dan teknologi terkini. “Gunakan pengetahuan sebagai kearifan lokal agar dapat mengembangkan diri untuk melestarikan hidup atau bahkan untuk meningkatan taraf hidup anggota IKISST dan warga Manado pada umumnya,” tukas Lumentut.

Ketua DPC IKISST Manado Pontowuisang Kakauhe mengatakan, mukercab ini penting untuk dilaksanakan sebagai upaya untuk menentukan langkah yang harus dikerjakan IKISST ke depan. “Tujuan dilgelarnya mukercab ini untuk menetapkan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga tahun ke depan,” terang Kakauhe diiyakan Sekretaris IKISST Richard Kundiman.

Ditambahkannya, IKISST digagas, dirancang dan dibentuk oleh para pendahulu yang tujuannya untuk menghimpun segenap potensial masyarakat asal Nusa Utara atau keturunannya. “IKISST dibentuk agar masyarakat Nusa Utara bekerja dengan gigih, tidak mengenal lelah dan pantang menyerah yang bersatu dalam keberagaman serta selalu bekerja dalam gotong royong,” pungkas Kakauhe.

Ketua Panitia Mukercab IKISST Manado Charles Brando Talumingan mengatakan, lewat kegiatan ini semoga pengurus dan anggota serta para tua-tua dan generasi muda Nusa Utara dapat bekerja sama untuk kemajuan IKISST ke depan. Diketahui, para peserta muskercab ini adalah pimpinan dan anggota DPC IKISST Manado, Paguyuban dan Rukun Nusa Utara di Kota Manado serta tamu undangan. (kimgerry)