Maleosan.ID, Wadah Anak Muda Berkreasi dan Kembangkan Diri

oleh -
Foto: Istimewa

MANADO— Maleosan.ID merupakan sebuah wadah inklusi bagi anak muda asal Sulawesi Utara (Sulut) yang tersebar diseluruh penjuru tanah air untuk dapat saling berbagi informasi, mengembangkan potensi diri, dan menjadi jembatan komunikasi antar sesama generasi muda Sulut.

Hal itu tercermin dari setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh Maleosan.ID yang memiliki hashtag #BakuKenalBakuBantu. Walaupun baru terbentuk pertengahan tahun ini, namun Maleosan.id telah mampu melaksanakan berbagai program-program untuk membuat anak-anak muda Sulut saling mengenal dan terhubung satu sama lain.

Disampaikan Prily Soetiman, salah satu Co-Founder dan Co-President Maleosan.ID, selain menghubungkan satu sama lain, misi dari Maleosan.ID adalah membagikan informasi penting dan edukatif guna membantu kawula muda Bumi Nyiur melambai mengembangkan potensi diri dan membangun daerah.

“Selain untuk menghubungkan dan membagikan informasi, dengan adanya Maleosan.ID, kami berharap juga agar komunitas anak muda Sulut boleh diberdayakan lewat program-program Maleosan.ID,” ujar Prilly kepada wartawan KORAN SINDO MANADO lewat pertemuan virtual, Senin (30/11/2020) lalu.

Hingga saat, ini program yang telah dilaksanakan Maleosan.ID telah menjangkau sekurang-kurangnya 2600an anak muda Sulut yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia. Salah satu kegiatan yang barus saja diselesaikan adalah program beasiswa dan mentoring yang diberi nama ‘Sumikola’. Maleosan.ID memberikan beasiswa gratis lewat program di akhir November ini.

“Ada 30 anak muda Sulut yang terpilih. Topiknya Sumikola itu ‘How to Kickstart Your Career in The Post-Pandemic Era’. 30 anak muda itu ada yang mahasiswa, profesional muda, serta juga ada anak SMA yang menurut kita cukup berpotensi dan sudah brilian untuk mendapatkan pelatihan,” sebut Sarah Rawung, Co-Founder dan Co-President Maleosan.id.

Selain Sumikola, Maleosan.ID sebelumnya telah banyak melaksanakan banyak Webinar maupun live di Instagram dengan menghadirkan berbagai pembicara yang dapat menginspirasi dalam berkarya. Maleosan.ID pun berkolaborasi dengan berbagai pihak yang pada ujungnya bertujuan untuk membangun jejaring dan memberdayakan sesama anak muda Sulut.

“Konten-konten edukatif di Instagram Maleosan.ID juga kita kembangkan dengan tema-tema seperti Tumou Tou, Nongi Tau Nda?, Co Ngoni Coba, Tips For Ngoni, Meme Kreatif, Maleosan Bangga, dan Key Takeaways. Lewat berbagai konten ini kita memberikan informasi mulai dari beasiswa, lowongan pekerjaan, tips, dan fakta-fakta menarik,” ungkap Diella Amanda Prasetyo, Co-Founder dan Co-President Maleosan.id.

Saat ini Maleosan.ID sedang mengadakan open recruitments Kawan Maleosan yang akan dijadikan duta-duta dalam memperkenalkan Maleosan.ID. Terhitung sejak diumumkan awal November, sudah ada sekiran 260an anak muda yang mendaftar. Mereka nantinya akan disaring menjadi 100 orang dan berkontribusi nyata lewat campaign yang akan dilaksanakan.

Adapun, di akhir tahun, Maleosan.ID berencana menggelar Maleo-leosan sebagai salah satu kegiatan puncak, dimana akan dilakukan Charity untuk membantu warga di Dusun Pelita, Desa Tondey, Minahasa Selatan. Ini sejalan dengan arti Maleo-leosan sendiri yakni saling mengasihi dan menyayangi.

“Kami terbuka akan support dan donasi dari semua pihak dalam bentuk dana maupun barang seperti buku, alat tulis, alat olahraga ataupun sembako bagi warga Dusun Pelita. Yang ingin membantu bisa melihat-lihat informasi di akun instagram @Maleosan.ID,” tandas Diella.

Ketiga Co-Founder dan Co-President Maleosan.ID ini pun berharap kedepannya Maleosan.ID dapat lebih berkembang dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang saling memberdayakan satu sama lain. Mereka berharap agar anak muda Sulut pada akhirnya bisa juga membangun daerah yang dicintai. (Fernando Rumetor)