Rampung 93%, Peresmian RSUD Provinsi Sulut Direncanakan 30 Desember 2020

oleh
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw saat meninjau pembangunan fisik RSUD Provinsi Sulut. (istimewa)

MANADO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal diresmikan pada 30 Desember 2020 mendatang.

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw telah melakukan peninjauan terakhir melihat kondisi bangunan yang sudah rampung sekira 93%.

“Pembangunan RSUD Provinsi Sulut ini merupakan bagian dari visi misi saya dan pak Steven Kandouw lima tahun lalu,” ungkap Olly, Selasa (8/13/2020).

“Visi misi kita kan jelas. Bagaimana meningkatkan sektor kesehatan, sehingga meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Sulut,” sambungnya.

Mantan legislator Senayan ini mengakui, pembangunan RSUD Provinsi Sulut merupakan satu dukungan dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Wisatawan datang ke Sulut, pemerintah sudah siapkan rumah sakit. Paling penting fasilitas ini kita siapkan untuk masyarakat Sulut supaya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal dan memadai,” ujarnya.

RSUD Provinsi Sulut ini dibangun sebelas lantai dilengkapi helipad engan anggaran ditaksir sebesar Rp300 miliar. Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo menjelaskan, RSUD Sulut melayani pasien peserta BPJS Kesehatan.

“Ada ruangan yang disiapkan untuk kelas I, Kelas II dan Kelas III. Ini agar masyarakat tidak harus menumpuk lagi di rumah sakit saat dirujuk ke Manado,” ungkap Kalalo.

Ia menjelaskan, RSUD Provinsi Sulut kasifikasi tipe B dengan banyaknya kamar sebanyak 400. “Ada dilengkapi banyak ruangan dengan nanti akan di tempatkan peralatan-peralatan medis yang canggih. Ruangan nanti ada IGD, ICCU, ruang isolasi, VVIP dan lainnya,” beber Kalalo.

Lanjut dia, RSUD Provinsi Sulut akan beroperasi rumah sakit rujukan provinsi, serta menjadi RSUD dengan unggulan pusat pelayanan penyakit ginjal dan tumbuh kembang di Sulawesi Utara, bahkan nantinya di Indonesia Timur.

“Ini tentu jadi satu kebanggaan bagi kita, karena RSUD Provinsi Sulut bertaraf internasional bakan beroperasi. Ini satu lompatan besar untuk sektor kesehatan Sulut. Apalagi kita juga ada RS Khusus Mata yang direncakan akan diresmikan dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Turut mendampingi Gubernur Olly dan Wagub Steven dalam meninjau RSUD yakni Sekprov Edwin Silangen bersama Direktur RSUD Provinsi Sulut dr Inggrid Giroth dan Kepala Dinas Perkim Steven Kepel, serta Project Manager  PT PP selaku kontraktor Heru Kushardianto. (rivco tololiu)