Theo Rumampuk: Papi Sudah Meninggalkan Teladan yang Baik Semasa Hidup

oleh -
Alm Drs Wilson Langelo Rumampuk semasa hidup. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) dan warga Kota Bitung khususnya dunia pendidikan di Kota Cakalang tengah dirundung duka. Pasalnya, Drs Wilson Langelo Rumampuk, ayah dari Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulut Theodorus Rumampuk telah menghembuskan napas terakhir.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh Theodorus Rumampuk kepada awak media yang sehari-hari berkomunikasi dengannya terkait kegiatan Kejati Sulut. “Maaf kita saat ini lagi berduka karena papi baru saja meninggal dunia. Mohon doanya dari teman-teman wartawan,” ujar Theo.

Dari penyampaian Theo, sapaan akrab Kasi Penkum Kejati Sulut itu, ayahnya memang merupakan sosok seorang panutan di dunia pendidikan dan keagamaan lewat pelayanan sepenuh hati yang ditunjukkannya semasa hidup. “Papi sudah meninggalkan teladan yang baik semasa hidup,” ujarnya.

Almarhum diketahui membaktikan dirinya di dunia pendidikan selama lebih dari 30 tahun. Tak hanya menjadi seorang guru, almarhum juga pernah menjabat Wakil Kepala SMK Negeri 1 Bitung pada 1998-1999. Kemudian di 1999-2000, almarhum diangkat menjadi Kepala SMK Negeri 1 Bitung.

Setelah pensiun mengabdikan diri sebagai Kepala SMEA Nusantara di Kota Bitung 2000/2002. Menerima Penghargaan Presiden RI Satya Lencana Karya Satya XXX Tahun dalam pengabdian sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Selain itu, selama kurang lebih 30 tahun menjadi pelayan khusus di jemaat GMIM Nafiri Bitung dan pernah menjabat sebagai sekretaris BPMJ GMIM Nafiri Bitung, Wakil Ketua BPMJ GMIM Nafiri Bitung dan hingga akhir hayat almarhum sebagai Penasihat Jemaat kurang selama dua periode pelayanan hingga saat ini.

Menurut mantan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Manado itu, ayahnya meninggal dunia di usia 77 tahun, karena sakit sejak tiga bulan terakhir ini. Almarhum meninggalkan Istri tercinta Margaretha Kambey serta anak-anak yang semuanya sudah berkeluarga masing-masing keluarga Rey-Rumampuk, keluarga Rumampuk-Pangerapan, keluarga Rumampuk-Katiandagho serta enam orang cucu dan empat cece.

Informasi yang didapat, ayahanda Kasi Penkum Kejati Sulut itu akan dimakamkan di pekuburan keluarga di Kelurahan Sagerat Kota Bitung pada Jumat (11/12/2020) ini, setelah sebelumnya telah disemayamkan di rumah duka di Kelurahan Aertembaga Kota Bitung.

Selamat jalan Om Wilson. Jasamu akan selalu diingat banyak orang. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan hikmat kekuatan iman dari Tuhan. (Fernando Rumetor)