Ketua DPRD Sulut Kunjungi Mapolda, Kapolda Minta Perda untuk Penanganan Protokol Kesehatan Covid-19 Segera Diterbitkan

oleh -
Ketua DPRD Sulut Andi Silangen bersama jajaran Komisi I DPRD Sulut kunjungi Mapolda Sulut, Rabu (13/1/2020). (FOTO: Istimewa)

MANADO- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Andi Silangen bersama jajaran Komisi I DPRD Sulut bertandnag ke Mapolda Sulut disambut langsung Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra, Rabu (13/1/2020).

“Tentunya silaturahmi tatap muka untuk koordinasi dan komunikasi apa yang dapat kita lakukan bersama Polda Sulut di dalam kegiatan-kegiatan dalam program dari Polda untuk menjaga stabilitas daerah Provinsi Sulut,” ujar Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, kepada wartawan.

Menurut dia, yang menjadi poin utama dan tadi kita dengar bersama bahwa penjelasan dari Pak Kapolda sangat komprehensif situasi keamanan yang ada di Provinsi Sulut dan situasi dalam penanganan konflik serta kegiatan kedepan untuk vaksinasi dan juga apa yang menjadi kebutuhan – kebutuhan Polda seperti pembangunan enam Polres yang tentunya masih membutuhkan penunjang yang lain untuk kelangsungan dari Polres ini.

“Termasuk rekrutmen dari polisi untuk yang ditugaskan ke polres – polres ini yang tadi ada program khusus dari pusat untuk aktif merekrut calon anggota Polri yang akan ditugaskan di daerah-daerah yang terpencil supaya anggotanya itu berasal dari daerah tersebut,” terang dia.

Lanjut dia, Provinsi Sulut situasi covert ini kan bukan cuma dihadapi oleh Sulut seluruh dunia menghadapinya dan segala keterangan penerangan dan apapun yang sudah disampaikan itu untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa pada waktu masyarakat disiplin melakukan protokol kesehatan, maka masyarakat akan pasti terhindari dari penularan dan penyebaran covid-19.

“Jadi tidak perlu kita takutkan tapi kita terus waspada untuk menjaga agar penyebarannya dan perluasan dari wabah ini tidak semakin masif dan ini perlu peran serta masyarakat bukan cuma pemerintah masyarakat harus sadar penuh bahwa aktivitas yang kita lakukan saat ini bukan dalam situasi normal tapi situasi yang berbeda sejak tahun 2020 – 2021,” beber dia

Sementara itu Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra mengatakan, hari ini (Rabu 13 Januari 2020)  kami menerima kunjungan DPRD Provinsi Sulut sebagaimana tugas dan kewenangan teman-teman di DPRD di bidang pengawasan dan penganggaran ini menjadi bagian yang dilaksanakan terkait dengan kunjungan ini.

“Pada kesempatan ini juga saya sampaikan apa-apa yang menjadi program rencana kerja kita khususnya yang penting untuk menghadapi dan menciptakan situasi keamanan yang tertib antara lain menghadapi covid-19 dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan aspek keamanan terkait dengan masalah konflik,” terang Kapolda.

Lanjut dia, mohon dukungan pemerintah DPRD Provinsi Sulut untuk segera dapat menerbitkan peraturan daerah (Perda) yang bisa dijadikan landasan untuk melaksanakan penegakan dan mewujudkan ketaatan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan harapan saya itu bisa dimasuki oleh teman-teman yang mulia anggota DPRD sehingga itu bisa menjadi dasar landasan hukum bagi kita untuk melaksanakan penegakan hukum menghadapi protokol kesehatan covid-19,” pungkas dia. (valentino warouw)