Ini 15 SPBU di Kota Manado yang Jual Pertalite Harga Premium

oleh
Pertamina menghadirkan Program Langit Biru lewat promo spesial Pertalite harga Premium di 15 SPBU yang ada di Kota Manado. (Foto: Istimewa)

MANADO – Sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan udara yang lebih bersih dan sehat, Pertamina menghadirkan Program Langit Biru di Kota Manado dengan menghadirkan promo spesial bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dengan harga setara Premium di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU).

Melalui program promosi tersebut, Pertamina mengajak masyarakat Kota Manado beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas setara Pertalite RON 90 untuk menekan polusi udara akibat tingginya emisi gas buang karena penggunaan bahan bakar ber-oktan rendah setara Premium. Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, program langit biru ini merupakan program edukasi dan promosi sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.  “Ini perlu menjadi perhatian seluruh pihak. Upaya mengurangi pencemaran udara dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor, salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Minggu (14/2/2021).

Laode menambahkan, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. “Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni dengan menyediakan produk Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,” tutur Laode.

Di Kota Manado sendiri, program ini dimulai pada 14 Februari 2021 dengan memberikan harga khusus pembelian Pertalite seharga Premium yakni Rp6.450 per liter bagi konsumen tertentu di antaranya kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi plat kuning. “Selain kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, Pertamina juga menyasar angkot dan taksi plat kuning yang merupakan transportasi publik dengan mobilitas tinggi, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas,” pungkasnya. Selain itu, dengan pengimplementasian harga khusus ini, pihaknya berharap dapat mengajak para pengendara tersebut untuk bisa mendapatkan pengalaman baru dengan menggunakan BBM berkualitas agar mesin kendaraan yang digunakan bisa lebih awet dan tentunya lebih bertenaga.

Pertalite harga khusus ini diberlakukan di beberapa SPBU, yakni SPBU 7495108 Sario, 7495119 Paal Dua, 7495118 Boulevard, 7495211 Politeknik, 7395107 Kairagi Weru, 7495505 Wanea, 7495101 Teling, 7495105 Dendengan, 7495201 Sindulang, 7495213 Kombos, 7495104 Tikala, 7495109 Winangun, 7495102 Malalayang, 7495202 GPI Adipura, serta 7395106 Ringroad Paal IV.

“Total terdapat 15 SPBU yang ada di Kota Manado akan menghadirkan Pertalite harga khusus untuk kalangan tertentu ini. Selain itu, kami juga tetap menyediakan Premium di Kota Manado sesuai dengan penugasan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” beber Laode. Seperti diketahui, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi gas buang. Bahkan, pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil-mobil keluaran terbaru menggunakan BBM dengan kadar oktan minimal 92. Adapun, hanya tinggal tujuh negara di dunia termasuk Indonesia yang masih menggunakan BBM dengan kadar oktan rendah setara RON 88 yang merupakan kandungan RON dari Premium. Tentunya hal ini menjelaskan adanya perhatian dunia untuk menurunkan kadar emisi dalam meningkatkan kualitas lingkungan khususnya menekan polusi udara. (Fernando Rumetor)