Komisi 1 Desak Ruang Tunggu Pelayanan Disdukcapil Minahasa Tenggara Diperluas

oleh -
Ruang tunggu pelayanan masyarakat di Kantor Dukcapil Minahasa Tenggara. (Foto:ist)

RATAHAN-Komisi Satu DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mendesak pihak Pemerintah Kabupaten memperluas ruang tunggu di kantor pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Ketua Komisi Satu DPRD Mitra, Artly Kountur mengatakan, hal mendesak soal ruang tunggu yang harusnya bisa memberikan rasa nyaman bagi warga masyarakat yang memerlukan pelayanan tanpa harus berdesakan atau tidak kebagian tempat duduk.

“Beberapa kali ketika kami mendapati, banyak masyarakat tertumpuk dan saling berdesakan. Ruang tunggunya terbatas. Kami meminta agar pemerintah melalui Dukcapil bisa melihat kebutuhan ini. Sangat mendesak untuk dibangun perluasan ruang tunggu,” terang Artly saat menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang komisi Satu DPRD Mitra, Selasa 2/3/2021.

Dirinya bahkan mengusulkan agar halaman kosong yang ada di samping kanan kantor Dukcapil bersebelahan dengan kantor BKPSDM untuk dimanfaatkan sebagai ruang tunggu.

“Nah disitu ada space untuk bisa dibangun ruang tunggu yang lebih nyaman. Tinggal bagaimana Dukcapil menatanya agar memberikan rasa nyaman,” ujarnya lagi.

Terkait anggaran, Artly pun ikut menyentil tim anggaran Pemerintah kabupaten untuk bisa melihat kondisi ini sebagai kebutuhan prioritas.

“Konsekuensinya kan anggaran. Nah kebetulan disini ada Assisten Tiga dan Assisten Satu. Sekiranya hal ini bisa diprioritaskan untuk dianggarkan,” pungkasnya. (Marvel Pandaleke)