DPMD Minahasa Tenggara Godok Regulasi Pilhut 35 Desa Dimasa Pandemi Covid-19

oleh -
Kepala DPMD Arnold Mokosolang. (FOTO: SINDOMANADO.com)

RATAHAN-Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tengah menggodok regulasi pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di 35 Desa.

Kepala DPMD Kabupaten Mitra, Arnold Mokosolang mengungkapkan, Pilhut yang sedianya digelar tahun ini pelaksanaannya berbeda mengingat dilakukan di masa pandemi.

“Untuk aturan Permen 72 Tahun 2020 soal pelaksanaan Pilhut ditengah Pandemi akan menjadi acuan bagi kami menyusun regulasi lewat Perda dan turunannya dalam Pilhut. Kami sedang menyiapkan dan merampungkannya,” terang Arnold kepada wartawan, Selasa 2/3/2021.

Hingga saat ini dia memastikan, ada 35 Desa yang masa jabatan Hukum Tuanya berakhir. Pihak desa kemudian diminta untuk segera memasukan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) sebelum gelaran Pilhut.

“Kan kewajibannya adalah melaporkan LPPD akhir masa jabatannya. Kita sudah minta ke desa,” ujarnya lagi.

Sementara terkait wacana Pilhut dengan sistem online yang sebelumnya sempat disuarakan, Arnold mengakui jika hal tersebut belum bisa direalisasikan mengingat keterbatasan anggaran. Padahal wacana ini sudah konsultasikan dan ajukan ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Memang ketika ini dikaji dan dipertimbangkan, konsekuensinya anggaran yang cukup besar untuk perangkatnya. Maka dari itu, kita memilih untuk menerapkan secara manual, namun dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat,” pungkasnya. (Marfel Pandaleke)