Kalahkan Bayern di Jerman, PSG Tatap Semifinal Liga Champions

oleh -
Paris Saint Germain (PSG) membuka peluang melaju ke semifinal Liga Champions 2020/2021. Menyambangi Bayern Muenchen, Les Parisiens bisa memetik kemenangan 3-2. (Foto: istimewa)

MUENCHEN – Paris Saint Germain (PSG) membuka peluang melaju ke semifinal Liga Champions 2020/2021. Menyambangi Bayern Muenchen yang notabene jawara bertahan, Les Parisiens bisa memetik kemenangan 3-2.

Partai leg pertama babak perempat final di Allianz Arena, Kamis (8/4/2021) itu merupakan ulangan final Liga Champions 2019/2020. Bagi PSG ini menjadi jalan untuk membalas kekalahan 0-1. Kesempatan itu bisa dimaksimalkan.

Walau tampil di stadion yang dianggap angker, tim asuhan Mauricio Pochettino itu berani tampil menyerang. Hasilnya, dua gol beruntun bisa dicetak pada babak pertama oleh Kylian Mbappe dan Marquinhos, sebelum diperkecil Eric Maxim Choupo-Moting jelang turun minum.

Diwarnai hujan salju, Bayern selaku tuan rumah langsung menekan. Peluang sempat tercipta pada menit kedua melalui Choupo-Moting. Namun, tembakannya membentur mistar dan menghasilkan tendangan gawang bagi PSG.

Kiper Keylor Navas segera mengirim bola kepada Neymar yang digiring ke pertahanan Bayern. Penyerang asal Brasil itu kemudian melakukan gerak tipu dengan berpura-pura ingin menendang bola. Padahal, dia memberi umpan kepada Mbappe yang berlari menusuk dari sisi kanan.

Kiper Manuel Neuer yang terkecoh gerak tipu Neymar, akhirnya terlambat mengantisipasi akselerasi dan sepakan Mbappe. Walau sempat mengenai kakinya, tapi bola tetap masuk ke gawang Bayern yang membuat PSG unggul 1-0 di menit ke-3.

Tertinggal lebih dulu, Bayern mencoba menekan PSG. Leroy Sane sempat mengancam dengan mengirim umpan silang. Namun, tidak bisa dimaksimalkan. Setelah itu David Alaba melesakan tembakan. Hanya saja melebar.

Pada menit ke-10, Thomas Mueller sempat mendapat umpan lambung. Tapi, tendangannya bisa dipatahkan Navas. Selanjutnya, giliran PSG menyerang yang dipimpin Neymar. Namun, lini belakang wakil Bundesliga itu bisa mengatasinya.

Setelah itu Bayern dan PSG saling jual beli serangan. Tim tamu bisa membuat tuan rumah kerepotan melalui kolaborasi Mbappe, Angel di Maria dan Neymar. Upaya, kampiun Ligue 1 itu membuahkan hasil pada menit ke-28.

Itu diawali David Alaba yang kurang cermat menghalau bola yang akhirnya mendarat dekat Neymar. Mantan pemain Barcelona itu lalu mengirim umpan lambung kepada Marquinhos yang lolos dari perangkap offside.

Setelah mendapat bola dari Neymar, Marquinhos lalu menggiring sebentar hingga ke kotak penalti yang diakhiri sepakan terarah. Alhasil, PSG unggul 2-0. Namun, tidak lama dia harus meninggalkan lapangan karena cedera dan digantikan Ander Herrera di menit ke-30.

Unggulnya PSG cukup mengejutkan karena sejatinya Bayern lebih mendominasi. Pada momen ini, penguasaan bola Bayern mencapai 60 persen dan mencatat 12 upaya, dimana dua diantaranya menuju sasaran. Sementara PSG hanya melakukan dua upaya yang semuanya berbuah gol.

Kebobolan dua kali membuat pelatih Hans-Dieter Flick mengubah taktik. Dia menarik Leon Goretzka pada menit ke-33 dan menggantinya dengan Alphonso Davies. Ini memberi dampak positif. Serangan Bayern jadi semakin mengalir.

Alhasil, gol balasan tercipta di menit ke-37. Choupo-Moting dengan sempurna menanduk umpan silang Benjamin Pavard yang membuat skor menjadi 1-2. Setelah itu, Flick memasukan Jerome Boateng menggantikan Niklas Suele di menit ke-42. Kedudukan tidak berubah hingga turun minum.

Pada babak kedua, saling serang terus terjadi selama beberapa menit walau tidak ada yang berbuah gol. Dimenit ke-60, Bayern bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Thomas Muller meneruskan umpan Joshua Kimmich.

Hanya saja euforia Bayern tidak berlangsung lama. Sebab, pada menit ke-68 PSG bisa kembali memimpin 3-2. Mbappe mencetak gol keduanya pada laga itu setelah mendapatkan bola dari Di Maria.

Tidak ingin mendapat malu, Bayern berusaha meningkatkan ritme permainan. Di menit ke-75, Kimmich mencoba mengirim umpan silang. Namun, bisa dihalau pemain PSG. Setelah itu giliran Muller yang mengancam. Namun, hanya menghasilkan tendangan gawang.

Hingga laga usai kedudukan tidak berubah. Alhasil, PSG tetap menang 3-2. Itu berarti mereka punya keuntungan tiga gol tandang. Ini bisa meringankan beban mereka saat leg kedua di Parc des Princes pada 14 April nanti.

Susunan pemain

Bayern Muenchen (4-2-3-1):

Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Niklas Sule, David Alaba, Lucas Hernandez; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Leroy Sane, Thomas Muller, Kingsley Coman; Eric Choupo-Moting.

Pelatih: Hansi Flick

PSG (4-2-3-1):

Keylor Navas; Colin Dagba, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Abdou Diallo; Danilo Pereira, Idrissa Gueye; Angel di Maria, Julian Draxler, Neymar; Kylian Mbappe.

Pelatih: Mauricio Pochettino

(Sumber: sindonews.com)