Operasi Keselamatan Samrat 2021 Dimulai, Puluhan Kendaraan knalpot Bising Ditertibkan

oleh -
Kendaraan yang menggunakan knalpot bising terjaring operasi keselamatan Samrat 2021. (FOTO: Deidy Wuisan)

MANADO- Menindak lanjuti instruksi Kapolri, Polresta Manado pada Selasa (13/4/2021) menggelar Operasi Keselamatan Samrat 2021 di bilangan zero point pusat kota Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Kasat Lantas Polresta Manado Kompol Benyamin Noldy Undap menjelaskan, operasi Keselamatan samrat ini merupakan tindak lanjut dari larangan mudik Hari Raya Idul Fitri, penerapan protokol yang dan keselamatan berlalu lintas.

“Ini merupakan operasi yang bersifat prefentif di dalam mewujudkan kemanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas sebagai pra kondisi memasuki hari raya besar keagamaan,” ujar Kasat Lantas.

Operasi Keselamatan Samrat 2021 ini juga menyasar penguna jalan baik roda dua dan empat yang menggunakan knalpot bising. “Hal ini guna meminimalisir gangguan kamtibmas akibat polusi suara knalpot bising,” jelas Kasat Lantas.

Pantauan media di lokasi operasi di zero point sekira puluhan kendaraan roda dua dan empat yang menggunakan knalpot bising terjaring aparat.

“Kepada pelanggar yang terjaring razia kami langsung kenakan tilang, dan kendaraan untuk sementara kami tahan sampai pemilik mengganti knalpot bising tersebut dengan yang sesuai standar,” ujarnya.

Kasat Lantas menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan berlalu lintas. “Sehingga diharapkan kepada masyarakat Kota Manado untuk melengkapi kendaraan dan surat-surat saat berkendara dan selalu mengutamakan keselamatan,” pungkas mantan Kapolsek Wenang itu.

Untuk diketahui, Polri menggelar Operasi Keselamatan Samrat ini digelar serentak di seluruh jajaran Polda Sulut sampai 14 hari ke depan, mulai 12-25 April 2021. (Deidy Wuisan)