Dua Event Kelas Dunia Perkenalkan Destinasi Andalan di KEK Likupang

oleh -
Tampak pengenalan event FK KPKB Charity Golf Tournament dan Likupang International Underwater Photography Competition (IUPC) 2021, akhir pekan lalu. (Foto: Istimewa)

MANADO – Dua event prestisius skala internasional, yaitu Forum Komunikasi (FK) Pria Kaum Bapa (PKB) Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Charity Golf Tournament, dan Likupang International Underwater Photography Competition (IUPC) 2021, dipastikan akan digelar awal Juli mendatang.

Kedua event itu direncanakan bakal digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Minahasa Utara (Minut). Hajatan kompetisi olahraga bergengsi dengan total Rp650 juta ini dihadirkan langsung oleh duo tou sukses di Ibukota, Alvin Taulu dan Jemmy Mokolensang.

Alvin dan Jemmy menggandeng beberapa sponsor besar dan nama-nama pribadi kenamaan Minahasa yang ada di Jakarta. Keduanya pun yakin, dua event prestisius ini akan membuat mata dunia makin tertuju ke Likupang.

“KEK Pariwisata Likupang telah ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo sebagai destinasi super prioritas atau DSP. Dan, setelah melihat langsung pesona alam milik Likupang, maka kami yakin dua iven ini akan sukses,” ujar Alvin yang menjadi ketua umum dari dua iven ini, saat konferensi pers pada Sabtu (24/4/2021) di Pondok Hijau Resto, Manado.

Tidak hanya itu saja, pria berdarah Kawangkoan Minahasa, yang dikenal juga pebisnis sukses lulusan Australia ini menerangkan bahwa gelaran iven FK PKB – PGI Charity Golf Tournament mengundang para golfer kenamaan nasional, sementara khusus Likupang IUPC 2021 akan menghadirkan juri internasional dan peserta dari luar dan dalam negeri.

Walau begitu, panitia juga tetap menerapkan standar kesehatan yang tinggi, untuk para peserta yang akan hadir dan ikut. “Di dua iven ini, kami tetap mengedepankan protocol kesehatan Covid-19 dengan ketat,” tambah Mokolensang.

Semua peserta pun wajib lolos tes Swab PCR. “Walau sudah mendapatkan suntikan vaksin dua kali,” tutur pemilik firma hukum kenamaan, Mokolensang Law Firm kepada wartawan dan Wagub Sulut Steven Kandouw, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut, Ronald Sorongan serta Bupati Minut yang diwakili oleh Kadis Pariwisata Minut, Audy Sambul.

Jemmy juga menjelaskan bahwa Paradise Golf and Resort di Desa Maen Likupang Timur, yang memiliki 18 hole dilahan 63 hektare, untuk Golf diyakini mampu menonjolkan pemandangan alam laut dan perbukitan. “Kami berharap kegiatan ini akan menjadi agenda rutin pariwisata di Minahasa Utara,” tukasnya.

Sementara itu, Wagub Sulut Steven Kandouw memberikan apresiasi dan mensuport kegiatan berskala internasional ini, karena iven ini menggerakkan perekonomian Sulut serta mendorong para pelaku usaha pariwisata, termasuk UMKM dalam menggerakkan perekonomian. “Kami berharap, kedepannya Likupang akan menjadi destinasi andalan,” harapnya.

Senada, Kadis Pariwisata Minut Audy Sambul juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan event ini karena membuat destinasi pariwisata super prioritas Likupang dipromosikan hingga keluar negeri. “Pemkab Minut siap mendukung event yang luar biasa ini, ” pungkasnya. (Fernando Rumetor)