BMKG: 9,94% Wilayah Indonesia Memasuki Musim Kemarau, Termasuk Sulut

oleh
BMKG melaporkan saat ini berdasarkan peta zona musim (ZOM) sebanyak 9,94% wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau. (Foto: sindonews.com)

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan saat ini berdasarkan peta zona musim (ZOM) sebanyak 9,94% wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau.

“Berdasarkan jumlah ZOM, 9,94% wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau,” tulis BMKG dalam keterangannya yang diterima, Senin (3/5/2021).

BMKG mencatat wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi Aceh, sebagian Sumatera Utara, Jawa Barat bagian utara, sebagian Cilacap, sebagian Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian NTB, sebagian NTT, Kalimantan Selatan bagian timur, Sulawesi Selatan bagian selatan dan timur, Sulawesi Utara bagian selatan dan timur, Maluku Utara bagian barat, Papua Barat bagian timur, dan Papua bagian tengah.

BMKG mengatakan kini umumnya curah hujan pada Dasarian III April 2021 berada kriteria Rendah – Menengah (0-150 mm/dasarian). Curah hujan tinggi dan sangat tinggi (> 150 mm/dasarian) terjadi di sebagian kecil Sumatera Utara dan sebagian kecil Riau, sebagian kecil Kalimantan Tengah dan sebagian kecil Papua.

Dan pada Mei Dasarian I umumnya diprakirakan curah hujan berada di kriteria menengah (50 – 150 mm/dasarian). Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi (> 150 mm/dasarian) meliputi Papua bagian tengah. Kemudian, wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori menengah (50 – 150 mm/dasarian) berada di sebagian besar Sumatera, sebagian besar Kalimantan, sebagian Jawa, sebagian besar Sulawesi, Malut, sebagian besar Maluku, Papua Barat dan sebagian besar Papua.

Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori rendah (< 50 mm/dasarian) berada di Lampung bagian selatan, sebagian Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, sebagian kecil Kalimantan, sebagian kecil Sulawesi, sebagian Maluku bagian selatan, Papua bagian selatan.

(Sumber: sindonews.com)