Jelang Idul Fitri, Jalur Pelayaran di Talaud Tetap Buka

oleh -
Jerusalem Melope. (FOTO: Istimewa)

TALAUD- Kendati secara angka nasional sudah ada pelarangan mudik dari pemerintah, namun moda transportasi pelayaran rute Manado-Talaud tidak ditutup.

Beda halnya dengan layanan penerbangan reguler yang ditiadakan sementara mulai  6 sampai 17 Mei mendatang karena kebijakan larangan mudik guna mencegah penyebaran Covid – 19.

Namun demikian, rute pelayaran dari luar dan ke dalam daerah Kepulauan Talaud mempertimbangkan beberapa hal seperti pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat yang didistribusikan melalui jalur laut dan kepentingan lain yang urgen.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Melonguane, Jerusalem Melope, Rabu (5/5/2021) siang.

“Untuk wilayah terluar, tertinggal dan perintis. Berdasarkan Surat Edaran Kemenhub RI, mengacu pada pasal 15 pelayaran tetap kita buka. Pada point dari ke – 14 dari pasal tersebut jelas . Hanya saja penerapan protokol kesehatan harus ketat diberlakukan,” papar Melope

Menurut ia, tetap dibukanya layanan transpotasi laut telah dirapatkan dengan Dinas Perhubungan Talaud bersama instansi terkait lainnya dan sejumlah agen Kapal Laut. (Jasman)