Wagub Steven Kandouw Lantik 179 Pejabat Eselon III dan IV, Ingatkan Integritas ASN di Era Globalisasi

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat melantik dan mengambil sumpah 179 pejabat Administrator dan Pengawas di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut. (istimewa)

MANADO – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw melantik dan mengambil sumpah 179 Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemprov Sulut di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Kamis (6/4/2021).

Para pejabat yang dilantik yakni pejabat eselon III sebanyak 53 orang dan pejabat eselon IV berjumlah 126 orang. Pun pelaksanaan pelantikan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Wagub Kandouw saat sambutan menekankan tiga hal penting bagi para pejabat yang baru dilantik.

Pertama soal peran ASN di era globalisasi. Menurutnya, yang menjadi tuntutan bagi ASN sekarang yaitu kecepatan, ketepatan dan evidence (bukti).

“E-government memerlukan kecepatan dan ketepatan. Mudah-mudahan pararel berjalan antara SDM dan infrastruktur,” bebernya

Kedua, soal integritas yang sepenuhnya harus dimiliki oleh semua abdi negara.

“Termasuk di dalamnya soal loyalitas. Bukan hanya integritas soal pengelolaan keuangan, tetapi mencakup semua aspek,” ungkap Kandouw.

Ketiga, mantan Ketua DPRD Sulut ini mengingatkan keputusan Gubernur Sulut dalam rangka antisipasi Covid-19.

“Bagi umat Muslim yang akan merayakan Idul Fitri, kiranya dapat rayakan di rumah saja bersama keluarga. Pun malam takbiran sudah ada kesepakatan bersama digelar di Masjid saja,” tuturnya.

Begitu juga perayaan kenaikan Tuhan Yesus Kristus bagi umat Kristiani, tidak boleh digelar seperti biasa di tempat-tempat wisata.

“Tempat-tempat wisata ditutup sementara. Tiadakan dulu agenda-agenda ibadah padang dan sebagainya,” tukasnya.

Wagub menyampaikan pelaksanaan pelantikan para pejabat eselon III dan IV digodok hampir satu tahun.

“Kita ikuti aturan. Pelaksanaan pelantikan ini sesuai izin dari KASN dan Mendagri. Ketaatan prosedur. Kiranya pemda di kabupaten/kota juga bisa mencontohkannya,” sebut Kandouw.

Ia berharap, para ASN yang baru dilantik dapat bekerja maksimal dan mampu mengimplementasikan RPJMD OD-SK.

“Selamat bekerja bagi teman-teman yang baru dilantik,” tandasnya. (rivco tololiu)