Cegah DBD, Lanal Melonguane Lakukan Fogging

oleh -
Prajurit Lanal saat lakukan fogging. (Foto: Istimewa)

TALAUD – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kepulauan Talaud cukup tingginya. Intensitas curah hujan yang turun dalam beberapa waktu terakhir menjadikan Lanal Melonguane meningkatkan kewaspadaan, baik di lingkungan kantor, mess prajurit maupun di lingkungan perumahan dinas prajurit.

Setelah melakukan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk di berbagai media penampung air di lingkungan kesatrian Mako Lanal. Prajurit Korps Kesehatan dari Balai Pengobatan Lanal Melonguane dipimpin Letda Laut (K) dr. Fahmi Henggar P. melaksanakan fogging (penyemprotan asap/kabut) guna membunuh nyamuk dewasa dan jentiknya dalam rangka pengendalian vektor penyakit dan/atau penyebaran wabah penyakit terutama DBD.

Danlanal Melonguane, Letkol. Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla, mengatakan seluruh jajarannya selalu berupaya mengantisipasi dan mencegah berbagai potensi ancaman kerawanan yang mungkin terjadi, termasuk ancaman wabah penyakit tertentu.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati, prediktif-responsif-antisipatif merupakan pola tindak dan pola pikir yang perlu kita biasakan sehingga kita mampu mencegah berbagai hal negatif sebelum terjadi dan meluas”, ujar Danlanal Sucipto.

Menurutnya, masih berkaitan dengan kegiatan tersebut, Danlanal Melonguane selaku salah satu pejabat Forkopimda Talaud juga menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat Talaud untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Jangan biarkan vektor penyakit seperti nyamuk berkembang biak, jangan biarkan jentik-jentik nyamuk berada di berbagai tempat yang menampung air di sekitar tempat tinggal sehingga mereka kemudian berkembang menjadi nyamuk dewasa dan terus berkembang biak dan mari kita bersama-sama cegah penyebaran DBD dengan program 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur) agar masyarakat Talaud dapat hidup sehat dan bebas dari DBD maupun penyakit lainnya.

Danlanal juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud yang selama ini cukup aktif dalam merespon berbagai masalah kesehatan di lingkungan masyarakat Talaud serta telah bekerjasama dengan Lanal Melonguane dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di wilayah perbatasan paling Utara NKRI ini.

Juga apresiasi kepada seluruh prajurit telah melaksanakan berbagai tugas kemanusiaan, baik lingkup Lanal maupun terhadap masyarakat.

“Semoga apa yang kalian lakukan, menjadi dharma bhakti untuk negeri ini dan juga menjadi amal ibadah yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa”, pungkasnya. (Jasman)