Hasil Akhir dan Klasemen Grup B Piala Eropa 2020; Denmark Akhirnya Temani Belgia di 16 Besar

oleh -
Kejutan terjadi setelah semua laga Grup B Piala Eropa 2020 berakhir. Sebab, tidak ada yang menyangka Denmark bakal menemani Belgia ke babak 16 besar. (Foto: istimewa)

KOPENHAGEN – Kejutan terjadi setelah semua laga Grup B Piala Eropa 2020 berakhir. Sebab, tidak ada yang menyangka Denmark bakal menemani Belgia ke babak 16 besar. Pasalnya, Tim Dinamit sempat jadi juru kunci lantaran telah menelan dua kekalahan.

Belgia dan Denmark menjadi wakil dari Grup B yang memastikan diri tampil di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Romelu Lukaku dkk lolos dengan status juara grup usai membabat habis tiga laga dengan kemenangan. Korban terbaru adalah Finlandia yang dilibas 2-0.

Sementara Denmark secara mengejutkan finis sebagai runner-up Grup B meski belum meraih poin di dua laga pertamanya. Semua itu dapat terjadi karena mereka tampil luar biasa saat bertemu Rusia di Stadion Parken.

Tampil di kandang dan di hadapan pendukung sendiri, armada Kasper Hjulmand bermain lepas saat menjamu Rusia di Parken Stadium, Copenhagen. Tak disangka Denmark justru bermain menggila dan menang 4-1.

Kebangkitan Denmark mulanya berawal dari gol Mikkel Damsgaard di menit 38. Lalu Yussuf Poulsen, Andrea Christensen, dan Joakim Maehle bergantian mencetak gol untuk Denmark. Satu-satunya gol Rusia pun tercipta karena hadiah penalti yang dieksekusi oleh Artem Dzyuba.

Dengan kemenangan itu, Denmark menempati posisi kedua Grup B Piala Eropa 2020 dengan total tiga poin. Sebenarnya jumlah poinnya sama dengan diraih Rusia dan Finlandia yang juga hanya meraih satu kemenangan.

Tapi, Martin Braithwaite dkk unggul dalam hal selisih gol. Kemenangan besar yang diraih Denmark atas Rusia membuat mereka surplus satu gol. Sedangkan Finlandia minus dua gol, dan Rusia minus lima gol.

Dengan hasil itu, Finlandia sebenarnya masih memiliki peluang untuk lolos melalui jalur empat tim peringkat ketiga terbaik. Sayangnya peluangnya terbilang kecil karena tertinggal dengan peserta lainnya.

Kemudian Rusia yang awalnya dijagokan lolos menemani Belgia ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 justru menjadi juru kunci di Grup B. Negeri Beruang Merah kalah posisi dari Finlandia dan Denmark karena selisih gol mereka minus lima.

Selanjutnya, Belgia akan menghadapi peringkat ketiga terbaik di antara salah satu Grup A, E, atau F pada babak 16 besar Piala Eropa 2020. Sedangkan Denmark sudah ditunggu Wales yang merupakan runner-up Grup A.

Hasil Pertandingan Partai Penutup Grup B

Rusia vs Denmark 1-4

Finlandia vs Belgia 0-2

Klasemen Akhir Grup B Piala Eropa 2020:

1. Belgia – 9 Poin

2. Denmark – 3 Poin

3. Finlandia – 3 Poin

4. Rusia – 3 Poin

Klasemen Sementara Empat Besar Peringkat Tiga Terbaik

Swiss (Grup A) – 4 Poin

Portugal (Grup F) – 3 Poin

Ukraina (Grup C) – 3 Poin

Finlandia (Grup B) – 3 Poin

(sumber: sindonews.com)