Lolos ke 16 Besar Piala Eropa, Joachim Loew Soroti Mental Pemain Jerman

oleh -
Lolos ke 16 Besar, Joachim Loew Soroti Mental Pemain Jerman. (Foto: istimewa)

MUNICH – Timnas Jerman berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 setelah bermain imbang 2-2 melawan Hungaria. Usai laga, pelatih Joachim Loew bersyukur timnya tidak terpeleset.

Menghadapi Hungaria di matchday terakhir Grup F di Fussball Arena Munich, Kamis (24/6/2021) waktu Indonesia, Jerman lebih dulu tertinggal di babak pertama. Gol Hungaria dicetak Adam Szalai (11’) dan Andras Schafer (68’) sedangkan Jerman membalasnya melalui gol Kai Havertz (66’) dan Leon Goretzka (84’).

Dengan hasil tersebut Jerman finis sebagai runner up Grup F berbekal empat poin dari tiga laga. Posisi juara Grup ditempati Prancis yang bermain imbang melawan Portugal pada matchday terakhir. Portugal sendiri ikut lolos dari jalur peringkat tiga terbaik.

Setelah laga, pelatih Joachim Loew memuji kualitas skuat Timnas Jerman yang berhasil bangkit dari ketertinggalan. Menurutnya, mental seperti itu yang sangat dibutuhkan untuk menuntaskan turnamen sebesar Piala Eropa 2020.

“Kami menunjukkan moral yang hebat, tapi kami juga membuat kesalahan. Senang melihat tim ini berjuang keras sampai bisa menyamakan kedudukan. Jadi saya senang kami lolos dari grup ini,” kata Joachim Loew dikutip laman UEFA.

Sementara itu, pelatih Timnas Hungaria, Marco Rossi, mengaku hasil ini terasa tak adil. Rossi bilang, Hungaria sudah berusaha mengimbangi kekuatan Jerman tetapi justru gagal lolos ke babak 16 besar.

“Sulit dipercaya bahwa kami kecewa setelah skor imbang 2-2 di Munich, sementara Jerman merayakan itu. Kami sangat dekat untuk lolos, dan para pemain pantas mendapatkannya,” kata Marco Rossi.

Di babak 16 besar, Jerman akan menghadapi Inggris di Stadion Wembley, London, Selasa (29/6/2021) mendatang. Menurut catatan, ini merupakan pertemuan kedelapan bagi kedua tim di turnamen besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

(Sumber: sindonews.com)