Beredar Pesan Berantai Covid-19 Varian Delta Terdeteksi di Tomohon, Dandel: Belum Ada Hasil Pemeriksaan Genomik

oleh -
dr Steaven Dandel. (FOTO: Istimewa)

MANADO – Warga Sulawesi Utara (Sulut) dikejutkan dengan beredarnya pesan berantai di aplikasi berbagi pesan Whatsapp (WA) yang menyebutkan sudah adanya penyebaran varian delta dari Covid-19 di Kota Tomohon.

Berikut isi pesan tersebut:

InfoTerbaru,
Tomohon Barat hari ini Jumat(2/7) sebanyak 23 orang terkonfirmasi positif, paling banyak di Tara2 Raya dan Woloan 2 (5 orang), Ada pendatang dari Kalimantan yg hadir di acara pesta kawinan keluarga di Tara2, yg kemungkinan Virus Covid Delta. Dan hari ini satu keluarga di pesta itu sebayak 16 orang sampe anak2 terkonfirmasi positif.

“Tetap patuhi protokol kesehatan”

Dikonfirmasi terkait hal ini, Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada hasil pemeriksaan yang membuktikan sudah adanya penyebaran dari varian Delta ini.

“Belum ada hasil dari pemeriksaan Genomik,” ungkap Dandel saat dihubungi oleh wartawan SINDOMANADO.COM via WA, Jumat (2/7/2021) malam.

Kendati demikian, dirinya meminta masyarakat agar tetap waspada. “Tapi hati-hati saja,” singkat Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut ini.

Sekadar diketahui, mutasi baru dari Covid-19 yang dinamakan varian delta ini awalnya ditemukan di India. Varian ini dipercayai para ahli lebih mudah menular dan menjangkiti banyak orang dibandingkan virus awal Covid-19.

Sementara itu, jumlah kasus Covid-19 di Tomohon terus meningkat. Pada Rabu (30/6/2021), Satgas Covid-19 Sulut merilis ada penambahan 24 kasus positif Covid-19 di Tomohon. Lalu ada tiga kasus yang tercatat pada Kamis (1/7/2021) dan dua kasus pada hari Jumat ini. (Fernando Rumetor)