Olly-Steven Launching 3 Aplikasi Layanan Inovasi di HUT ke-57 Provinsi Sulut

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw launching 3 Aplikasi Layanan Inovasi Pemprov Sulut. (istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw melaunching tiga aplikasi layanan inovasi Pemprov Sulut di peringatan HUT ke-57 Provinsi Sulut, Kamis (23/9/2021).

Olly-Steven turut didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (DKIPS) Christiano Talumepa saat peluncuran inovasi tersebut.

Tiga aplikasi yang dimaksud yakni Aplikasi 1DataSulut, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start dan Modul Aplikasi E-Sign.

Gubernur Olly mengatakan aplikasi tersebut nantinya untuk mewujudkan tata kelola data yang akurat, muktahir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, katanya, mudah diakses dan dipakaikan sebagai pusat integrasi data dan sertifikasi tanda tangan elektronik Pemprov Sulut.

Sementara itu, Kepala DKIPS Provinsi Sulut, Christiano Talumepa menjelaskan ketiga aplikasi tersebut.

Pertama, Aplikasi 1Data Sulut merupakan kolaborasi DKIPS Sulut dan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Ini akan memudahkan user dalam memperoleh data-data progres pembangunan di semua sektor. Semua kegiatan dan program OPD bisa terlihat di aplikasi ini,” bebernya.

Kedua, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start. Menurutnya, aplikasi ini mirip dengan Aplikasi 1DataSulut, tapi sifatnya internal Pemprov Sulut yang dikelola oleh DKIPS.

Lanjutnya, ketiga, Aplikasi E-Sign yang merupakan tanda tangan dan naskah elektronik.

“Aplikasi ini dibuat dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19. Kalau masih menggunakan manual, atau naskah dinas dengan kertas, maka ada potensi penularan Covid-19,” tandasnya. (rivco tololiu)