Devi Tanos Lantik dan Kukuhkan Pengurus YJI Cabang Minsel Masa Bhakti 2021-2026

oleh
Tampak, pelantikan dan pengukuhan pengurus YJI Cabang Minsel oleh Ketua YJI Cabang Utama Sulut, dr Kartika Devi Tanos. (istimewa)

MINSEL – Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Kartika Devi Tanos melantik dan mengukuhkan pengurus YJI Cabang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) masa bhakti 2021-2026, Kamis (30/9/2021).

Ketua YJI Cabang Minsel dipercayakan kepada Elsje Rosje Wongkar-Sumual.

Sekretaris YJI Sulut, dr Felicia Kalesaran sebelumnya membacakan Surat Keputusan (SK) bernomor 06/YJI.Sulut/SK/IX/2021 tentang pengesahan pembentukan susunan pengurus cabang YJI Kabupaten Minsel masa bhakti 2021-2026.

Palaksanaan pelantikan pengurus YJI Kabupaten Minsel dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat.

Ketua YJI Cabang Utama Sulut, dr Kartika Devi Tanos kesempatan itu berharap agar YJI Kabupaten Minsel berperan aktif dalam menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung.

“Kita tahu bersama bahwa angka kematian akibat penyakit jantung masih yang paling tinggi di dunia. Tentu dengan adanya YJI Cabang Minsel, kita berharap angka kematian akibat penyakit jantung bisa ditekan,” tuturnya.

Ia juga menegaskan bahwa YJI Cabang Utama Provinsi Sulut siap untuk membangun kerja sama dengan YJI Cabang Kabupaten Minsel.

“Tentu dengan sinergitas yang terjalin selama ini, maka kita siap untuk menjalin kerjasama baru dalam sektor kesehatan, khususnya kepedulian terhadap jantung. Saya tentu akan terus terus melakukan komunikasi dengan semua pewsengurus yang ada di setiap cabang kabupaten/kota, agar misi utama yang dibawa YJI bisa sukses di Sulut,” bebernya.

Dikatakannya, paling tidak ada lima faktor yang bisa menjadi pedoman tentang bagaimana merawat kesehatan jantung sejak dini. Yayasan Jantung Indonesia menyebutnya sebagai panca usaha sehat.

“Seimbangkan gizi, enyahkan rokok, hadapi stres, atasi tekanan darah, dan teratur berolahraga. Ini yang harus kita dengung-dengungkan kepada masyarakat untuk hidup sehat,” katanya.

Sementara itu, Ketua YJI Cabang Minsel Elsje Wongkar-Sumual mengajak kepada semua pengurus untuk saling bergandengan tangan dalam melakukan pelayanan kesehatan.

“Mari kita bekerja secara tulus, agar tugas dan pelayanan dapat berjalan dengan baik sehingga pembangunan kesehatan dapat berjalan baik di Kabupaten Minsel. Dan karena kita ini merupakan pengurus baru, maka kita sudah akan merapatkan semua program-program strategis yang akan kita laksanakan kedepannya,” terangnya.

Elsje juga mengatakan YJI Kabupaten Minsel memiliki tugas dan tanggung jawab agar menjadi pelopor hidup sehat dalam menjalankan misi promosi dan preventif dalam Panca Usaha Sehat.

“Tentunya dibutuhkan kerja sama tim yang tangguh dalam menjalankan misi ini. Kita tidak bisa hanya dengan modal bicara, tetapi harus menjadi pelopor budaya sehat dalam tindakan nyata. Sehingga budaya sehat ini dapat ditularkan kepada semua masyarakat,” tandasnya. (rivco tololiu)