BNPB-BPBD Sulut Bersinergi Bagikan Ratusan Ribu Masker hingga Hand Sanitizer Bagi Masyarakat

oleh
(kiri-kanan) Sekretaris BPBD Bitung Alvino Mongkol, Kepala BPBD Tomohon Robby Kalangi, Kepala BPBD Sulut Joi Oroh, Plt Kepala BPBD Manado Peter Eman. (Foto: Fernando Rumetor)

MANADO – Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus bersinergi menangani pandemi Covid-19. Salah satunya dengan membagikan masker kepada masyarakat.

Pemberian masker ini akan diwujudkan dengan kegiatan mobil masker yang dilaksanakan sejak Sabtu (9/10/2021) hingga Senin (11/10) untuk masyarakat Bumi Nyiur Melambai.

Kegiatan yang diprakarsai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut dan BPBD Kabupaten/Kota se-Sulut akan melibatkan sekiar 250 relawan Sulut Hebat Kompak Lawan Covid-19.

“Gerakan mobil masker akan dilaksanakan besok siang di kantor Gubernur dan rencananya dihadiri Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, serta jajaran Forkopimda,” ungkap Kepala BPBD Sulut Joi Oroh, Jumat (8/10/2021).

Kata Joi, dalam kegiatan ini BNPB dan BPBD Sulut bersama BPBD Kabupaten/Kota se-Sulut akan membagikan sekira 500.000 masker, 100.000 hand sanitizer, dan 100.000 sabun cuci tangan.

“Kita akan melibatkan 250 relawan yang akan membantu pelaksanaan,” kata Joi yang didampingi Plt Kepala BPBD Manado Peter Eman, Kepala BPBD Tomohon Robby Kalangi, dan Sekretaris BPBD Bitung Alvino Mongkol.

Dijelaskan Joi bahwa pemberian masker maupun hand sanitizer dan sabun cuci tangan besok akan dikhususkan di Kota Manado. Dimana untuk rutenya ada tiga, yakni Mapanget, Karombasan sampai Malalayang, dan daerah Boulevard hingga Manado Utara.

“Untuk Kota Manado akan kita siapkan kurang lebih 30.000 paket masker hingga hand sanitizer. Kegiatannya akan dipusatkan di Kawasan Marina, kami pun sudah menyiapkan baliho serta alat peraga yang dibutuhkan,” sambung Joi yang diiyakan Peter Eman.

Selanjutnya, pada hari kedua atau pada hari Minggu, pembagian akan dilaksanakan di Kota Tomohon yang menyasar 5 Kecamatan. Kegiatan sendiri dipusatkan di Menara Alfa Omega. “Dari situ kita sebarkan ke gereja-gereja yang jumlah umatnya banyak,” jelas Joi yang dibenarkan Robby Kalangi.

Untuk Kota Bitung, dilaksanakan pada Senin (11/10/2021). Titik kumpul di kompleks kantor Wali Kota Bitung dan akan menyebar personel keempat titik penjuru. “Ke arah Winenet, Danowudu, Pelabuhan Bitung, dan Pasar Girian,” tukas dia yang diiyakan Alvino Mongkol.

Kata Joi pembagian masker ini guna mengedukasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker. Walaupun kasus covid di Sulut lagi melandai tapi semua harus patuh protokol kesehatan.

“Penanganan covid ini harus dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” tambah Joi.. Selain itu, giat kali ini juga dilaksanakan guna mencegah gelombang ketiga pandemi Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai.

“Kita harus cegah dari sekarang,” tegas Koordinator Relawan Sulut Hebat Kompak Lawan Covid-19 Risat Sanger saat didampingi Jubir Relawan Sulut Hebat Kompak Lawan Covid-19 Ronald Ginting.(Fernando Rumetor)