Banjir Rob Genangi Belasan Rumah Warga Ratatotok Timur

oleh
Banjir Rob yang terjadi di Desa Ratatotok Timur, Minggu 7/11/2021. (Foto:Ist)
RATAHAN-Banjir Rob melanda Desa Ratatotok Timur, Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Peristiwa ini terjadi sekira pukul 19:30 Wita, Minggu 7/11/2021 dan mengakibatkan 13 rumah warga terendam banjir dan ikut menggenangi halaman rumah dari 42 Kepala Keluarga.
Hukum Tua Ratatotok Timur Tras Wibowo mengungkapkan, banjir Rob di Desa Ratatotok Timur merupakan banjir rutin tahunan. Akan tetapi, banjir kali ini merupakan banjir skala besar selama peristiwa yang terjadi.
“Tahun-tahun sebelumnya terjadi demikian. Tetapi banjir ini merupakan banjir Rob skala besar,” terang Wibowo kepada sindomanado.com.
Dia juga menuturkan jika warga terdampak dari banjir kali ini ada sekira puluhan rumah. Dimana kategorinya untuk dampak berat ada 13 rumah.
“Untuk kategori dampak berat ini air masuk sampai rumah warga. Termasuk sejumlah barang hanyut,” terang Wibowo.
Sementara kata dia, ada juga rumah warga yang mengalami dampak ringan yakni genangan banjir pada halaman rumah sebanyak 42 rumah.
“Termasuk juga kantor hukum tua yang tergenang air. Tetapi sudah langsung ditangani swadaya oleh perangkat desa,” pungkasnya.
Sementara Camat Ratatotok Fera Sanger mengungkapkan jika pemerintah kecamatan sudah turun memantau lokasi kejadian pada malam saat kejadian. Dirinya memastikan para warga terdampak ini nantinya akan dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten untuk menerima bantuan.
“Warga terdampak sudah didata sesuai dengan kategori terdampak berat atau ringan,” timpalnya.
(Marvel Pandaleke)