Berdedikasi Merajut Kerukunan, Gubernur OD Ditetapkan sebagai Tokoh Pluralis di Indonesia

oleh
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (foto: istimewa)

MANADO – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Indonesia dalam deklarasinya menetapkan Gubernur Olly Dondokambey (OD) sebagai Tokoh Pluralis di Indonesia.

Itu disampaikan Wakil Sekjen Asosiasi FKUB Indonesia, Pdt Samuel Luas dalam acara penutupan Konferensi Nasional (Konas) ke-VI FKUB se Indonesia dan Pekan Kerukunan Internasional di Graha Gubernuran, Bumi Beringin Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Senin (22/11/2021).

“Penghargaan Tokoh Pluralis kepada Gubernur Olly Dondokambey, karena beliau sesuai penilaian berdedikasi merajut kerukunan dan toleransi di Indonesia,” ungkap Pdt Samuel Luas.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Sulut sebagai tuam rumah pelaksanaan Konas ke-VI FKUB se Indonesia.

“Terima kasih atas kepercayaan ini, dan tentunya kami pemerintah berharap para peserta dapat menikmati keindahan di Nyiur Melambai,” tukasnya.

“Kami juga mengapresiasi peran TNI/Polri yang ikut mengawal jalannya pelaksanaan kegiatan hingga berjalan sukses dan lancar,” sambungnya.

Menurutnya, FKUB sangat berperan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju jembatan emas masyarakat Indonesia yang lebih makmur dan lebih sejahtera.

“Kedepan FKUB ini menjadi tonggak utama bagi moderasi agama,” tandasnya.

Kegiatan penutupan ditandai dengan pemukulan Tetengkoren oleh Gubernur Olly Dondokambey yang didampingi Wasekjen Asosiasi FKUB Indonesia, Pdt Samuel Luas, Staf Ahli Kemenag RI, Albertus Magnus Adiyanto Sumardjono dan Ketua FKUB Sulut, Pdt Lucky Rumopa. (rivco tololiu)