40 Peserta Adu Skill di Event 2nd Mangatasik Underwater Photo Competition 2021

oleh
Tampak, pelaksanaan Press Conference kegiatan 2nd Mangatasik Underwater Photo Competition 2021. (foto: rivco tololiu)

MINAHASA – Sebanyak 40 peserta akan adu skill dalam event 2nd Mangatasik Underwater Photo yang dimulai 25-28 November 2021.

Agenda yang digelar Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Sulut ini, masuk dalam salah satu Kalender Pariwisata Nasional atau Karisma Event Nusantara (KEN) 2021.

“Sudah ada 40 peserta yang mendaftar dan mengikuti perlombaan foto bawah laut ini,” ungkap Ketua Harian Panitia Event 2nd Mangatasik Underwater Photo 2021, Katiman Hermanbang di kawasan Mangatasik, Tanawangko, Kabupaten Minahasa, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan, 40 peserta tersebut ada yang dari Sulawesi Utara serta sejumlah daerah seperti Jakarta, Bali, Gotontalo, Ambon, dan dua peserta dari Amerika.

“Ini ajang yang memang ditunggu, apalagi hadiah yang akan diberikan totalnya sebesar Rp100 juta,” katanya.

Katiman menuturkan, tujuan digelarnya event ini untuk memperkenalkan potensi wisata bawah laut di Bumi Nyiur Melambai.

“Jadi bukan hanya di Bunaken saja yang punya spot-spot selam, tapi di Mangatasik juga ada,” bebernya.

Menurut dia, wisata bawah laut yang hanya terfokus di Bunaken tentu ada efek negatifnya, karena daya dukung sangat terbatas.

“Pasti lama kelamaan akan terjadi kerusakan masif di Bunaken. Makanya ini kita bicarakan dengan Pemprov Sulut untuk mencari solusinya. Nah, salah satu solusi kita perkenalkan wisata bawah laut yang unik seperti di Mangatasik ini,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disparda Sulut, Henry Kaitjily menerangkan, Mangatasik Underwater Photo sudah kedua kalinya digelar.

“Ini merupakan gagasan dan ide dari Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” terangnya.

Kaitjily mengakui, kegiatan seperti ini akan berdampak baik menarik banyak wisatawan, terutama yang hobi menyelam untuk mengunjungi Sulut.

“Meski di tengah kondisi pandemi, tapi pak Gubernur Olly Dondokambey meminta kami agar terus bergerak melakukan berbagai upaya dalam membangkitkan pariwisata Sulut. Ini salah satu agendanya,” tandas Kaitjily. (rivco tololiu)