Investasi Desa, Kountur Ajak Perkuat Pengawasan dan Pengelolaan Bumdes

oleh -52 Dilihat
Ketua Komisi 1 DPRD Artly Kountur

RATAHAN-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dinilai menjadi salah satu investasi jangka panjang menjanjikan bagi Desa. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara Artly Kountur saat menjadi pemateri dalam Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang melibatkan Hukum Tua, BPD dan Pengurus Bumdes se Kecamatan Ratahan Timur.

“Kehadiran Bumdes menjadi salah satu amanat undang-undang. Nah ini sebetulnya peluang bagi desa untuk berinvestasi dan menjadikanya sebagai sumber Pendapatan Asli Desa (PADes),” ujar Kountur.

Hanya saja kata dia, Pembentukan Pengurus Bumdes harus dibarengi dengan penguatan Sumber Daya Manusia. Termasuk melihat potensi desa yang nantinya akan dikembangkan.

“Orientasi Bumdes itu provit dengan melihat potensi. Dimulai dari kegiatan usaha perdagangan, pariwisata termasuk pengadaan barang dan jasa. Sekaligus juga disitu pengurus Bumdes harus mampu melahirkan inovasi, ” terangnya lagi.

Dia juga ikut menyarankan agar Bumdes di Kabupaten Mitra khususnya di Ratahan Timur, banyak belajar terhadap aturan pengelolaan Bumdes. Baik dari sisi penguatan secara administratif keuangan, hingga bagaimana Bumdes bisa berkembang dengan kontribusi manfaat terhadap kesejahtraan masyarakat desa itu sendiri.

“Jangan nanti Bumdes dibentuk hanya untuk kepentingan kelompok saja. Atau hanya jadi alat Hukum Tua untuk kepentingan pribadi,” timpalnya.

Selain itu kata Kountur, penguatan aturan pembinaan dan pengawasan Bumdes harus benar benar dipahami. Dimana dalam hal ini, Hukum Tua sebagai pembina dan membentuk badan pengawas dari unsur BPD, tokoh masyarakat.

“Ini juga berkaitan dengan pemanfaatan anggaran Dana Desa sebagai modal usaha. Jadi harus disertai dengan pengawasan. Setiap penyertaan modal harus mampu dikelola secara profesional dan bertanggung jawab,” timpalnya.
(marfel pandaleke)