Pemprov Sulut Sinergikan Program Percepatan Digitalisasi ke Kabupaten/Kota

oleh
Tampak, pertemuan bersama Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota di ruang Command Center, Kantor Gubernur Sulut. (foto: istimewa)

MANADO – Percepatan digitalisasi hingga ke desa/kelurahan di 15 kabupaten/kota terus digenjot pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK).

Program digitalisasi ini mulai disinergikan ke pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota melalui instansi terkaitnya.

“Bapak Gubernur Olly Dondokambey menginstruksikan agar program ini cepat disinergikan ke kabupaten/kota. Makanya, kita undang Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota ke sini,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (KIPS) Provinsi Sulut, Steven Liow, usai pertemuan di ruang Command Center, Kantor Gubernur Sulut, Selasa (11/1/2022).

Ia mengakui, lewat pertemuan tersebut Dinas Kominfo kabupaten/kota sepakat untuk mewujudkan transformasi digitalisasi pembangunan informasi pemerintahan, pedesaan dan perkotaan.

“Ini menyangkut sinergitas dan integrasi layanan pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa dan kelurahan,” terangnya.

Liow menjelaskan, pada pekan nanti, program Pembangunan Digitalisasi Informasi Pemerintahan dimulai dari Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Kemudian, lanjutnya, pada hari yang sama akan diresmikan Pembangunan Digitalisasi Informasi Pedesaan di Minahasa, tepatnya di Kecamatan Tombariri.

“Tombariri Timur jadi lokus pembangunan transformasi Digitalisasi Informasi Pedesaan. Sementara, Kota Manado dijadikan lokus transformasi digitalisasi informasi Perkotaan. Di Manado sudah ada beberapa kelurahan yang disiapkan,” bebernya.

Ia mengungkapkan, transformasi digitalisasi pembangunan informasi pedesaan akan dibangun usaha internet yang dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

“Selain dana bersumber dari Dana Desa yang dikelola BUMDes, ada manfaat ekonomi juga di situ,” terangnya.

Pemerintahan OD-SK, kata Liow, terus mendorong agar kabupaten/kota memanfaatkan momen dan peluang sinergitas pembangunan digitalisasi informasi tersebut.

“Itu untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah di bidang digitalisasi informasi. Hanya dengan digitalisasi, Sulut akan bersaing kedepan. Persaingan saat ini dan kedepan, tidak lain adalah persaingan digitalisasi. Itulah pesan Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Bapak Wagub Steven Kandouw,” tukasnya.

Pertemuan tersebut juga membahas soal Aplikasi Tomps dan BigBox.

“Beragam inovasi digitalisasi harus dimiliki agar supaya tahu desa dan daerah mana yang masih tertinggal atau mempunyai potensi untuk digarap dan dibangun,” tandasnya. (rivco tololiu)