Irup HUT ke-19 Tomohon, Wali Kota Caroll Senduk Sebut Momentum Titik Tolak Lahirnya Budaya Perubahan

oleh
Wali Kota Tomohon Caroll Senduk saat bertindak sebagai Irup. (foto: istimewa)

TOMOHON – Upacara dalam rangka Hari Jadi ke-19 Kota Tomohon tahun 2022, dilaksanakan di Halaman Kantor MPP (Mall Pelayanan Publik) Tomohon, kamis (27/1/2022).

Tahun ini Tema peringatan Hari Jadi Kota Tomohon, yakni “menuju Tomohon Herd Immunity, SDM unggul dan pemulihan ekonomi”.

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya mengungkapkan bahwa
sembilan belas tahun sudah perjalanan yang telah dilalui Kota Tomohon, diusia dewasa dan mengalami perubahan signifikan dari berbagai aspek.

Diharapkannya, melalui peringatan Hari Jadi ke-19 Kota Tomohon, menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan, berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik, mandiri, sehat, bahagia dan sejahtera, dengan membangun Kota yang meninggikan Tuhan melalui kecerdasan, kebaikan, kreativitas, dan budi pekerti yang baik, sehingga pertumbuhan serta pemulihan fisik, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan berjalan paralel dengan pelestarian dan keseimbangan sistem kehidupan.

“Meskipun masih berada dalam masa pandemi covid 19, tetapi tidak menyurutkan capaian prestasi yang diraih Kota Tomohon di tahun 2021,” ujarnya.

Ia pun memaparkan bermacam prestasi tersebut, antara lain sebagai Kepala Daerah pelaksana program sekolah penggerak Provinsi Sulut, daerah pertama pemberlakuan pembelajaran tatap muka terbatas di Provinsi Sulut,
penghargaan Kota Sehat Swastisaba Wistara, piagam penghargaan cakupan imunisasi dasar lengkap, piagam penghargaan kepada Kota Tomohon dengan seluruh Puskesmas telah terakreditasi.

“Selanjutnya, sertifikat atas partisipasi Kota Tomohon dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat 2021, juara terbaik satu penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan, juara terbaik dua dalam penghargaan dalam rangka percepatan vaksinasi di Provinsi Sulut, Penghargaan Kota Layak Anak tingkat pratama,
prestasi pendataan keluarga 2021 yang mencapai pendataan 100 %, penghargaan dalam implementasi smart living, penghargaan Kota Tomohon untuk kategori kota dengan mobilitas cerdas, penghargaan Opni WTP kedelapan dan lainnya,” beber Caroll.

Lanjut dia, pihaknya merasa bangga dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Kota Tomohon yang telah bekerja keras.

“Sehingga memperoleh banyak penghargaan yang prestisius dan bergengsi ini, namun tak berpuas diri, melainkan apa yang telah kita raih di tahun 2021 dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun 2022 bahkan untuk tahun-tahun selanjutnya,” ungkapnya.

Kesempatan itu, Walikota Tomohon Caroll J A Senduk bersama Wakil Walikota Wenny Lumentut , menyerahkan penghargaan Satya Lencana 10, 20 dan 30 tahun, penyerahan secara simbolis meter listrik gratis kepada green house krisan, penyerahan secara simbolis PTSL, penandatanganan prasasti proyek pembangunan Tahun Anggaran 2021, penandatanganan MOU antara Pemerintah Kota Tomohon dengan PT Angkasa Pura dan dengan Bank Sulut Go serta simbolisasi penyerahan BPJS kesehatan kepada perwakilan masyarakat, penyerahan hibah tanah dari Pemkot Tomohon ke KPU dan Badan Pertanahan, dan penyerahan hadiah lomba dalam rangka hari jadi Kota Tomohon ke-19 tahun.

“Atas nama Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan selamat hari jadi ke-19 Kota Tomohon kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon, Dirgahayu Kota Tomohon, semoga Tuhan selalu memberkati Kota Tomohon dan memberkati kita semua,” pungkasnya. (Deidy Wuisan)