Rio Dondokambey Dorong UMKM Sulut Naik Kelas dan Go Global

oleh
Ketua Kadin Sulut Rio Dondokambey saat menyampaikan sambutan. (foto: istimewa)

MANADO – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Bazar UMKM dan Pasar Murah di Taman Berkat, Jalan Boulevard Kota Manado, Jumat (28/1/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung Gubernur Sulut diwakili Asisten II Praseno Hadi yang diikuti sebanyak 82 tenant.

Ketua Kadin Sulut Rio Dondokambey mengatakan, Bazar UMKM yang digelar bertujuan untuk memperkenalkan berbagai produk daerah sekaligus mendorong UMKM Sulut Naik Kelas dan Go Global.

“Sektor usaha ini memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian daerah. UMKM harus digenjot karena kunci bagaimana kita wujudkan ekonomi daerah,” ungkap Rio Dondokambey.

Ia menuturkan, pelaku UMKM di Indonesia berkontribusi hampir 60% dari pendapatan bruto. Artinya, pendapatan Indonesia diambil dari UMKM.

“Selain itu, UMKM ternyata berkontribusi lebih dari 90% serapan pekerja. Jadi UMKM berkontribusi ke perekonomian tapi juga mepekerjaan orang. Alasan itulah kita gelar Bazar UMKM dan Pasar Murah ini yang juga untuk membantu masyarakat,” tuturnya.

Rio berjanji akan membuat kegiatan serupa dengan peserta yang lebih banyak.

“Kita akan buat seperti ini dengan skala lebih besar. Kalau berkenan akan lebih luas lagi dengan jenis barang lebih banyak,” tukas Ketua KNPI Sulut tersebut.

Sementara itu, Asisten II Praseni Hadi saat membacakan sambutan Gubernur Sulut mengatakan, pemerintah selalu hadir bersama dengan pelaku usaha.

“Betapa serius pemerintah mengawal dan mendorong pelaku usaha untuk berusaha agar perputaran ekonomi,” katanya.

Namun, gubernur mengingatkan dalam setiap usaha selalu memperhaikan protokol kesehatan. Sebab, pandemi Covid-19 belum berakhri.

Di tempar yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan menjelaskan, selain Bazaar dan Pasar Murah, di lokasi kegiatan juga dihadirkan tempat Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM Gratis dan Langsung jadi, Pembuatan (QRIS) QR Code bagi UMKM, Fasilitas Pengajuan KUR on the spot, Aksi Kemanusiaan Donor Darah, Pelayanan Vaksinasi (tahap 1, tahap 2 dan Booster).

“Selain itu, juga diadakan Talkshow dengan topik Program Kadin Sulut dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Tips berhasil pengajuan KUR dan Strategi Penjualan On-line Jaman now,” tandasnya. (rivco tololiu)