Dibantu Warga Polisi di Bunaken Selamatkan Penyu yang Terdampar

oleh
Kapolsek Bunakan Iptu Karim, melepaskan penyu yang terdapat di lepas pantai Pulau Bunaken l. (FOTO: Istimewa) 

MANADO– Seekor Penyu berukuran besar, berhasil diselamatkan warga Kepulauan Bunaken di Kota Manado Sulawesi Utara (Sulut) , setelah diketahui sempat terdampar di pesisir pantai pulau Bunaken, Selasa (1/2/2022).

“Kami menemukan penyu yang terdampar di sekitar pantai. pada Selasa (1/2) pagi sekira pukul 06.30 WITA,dan langsung kami selamatkan bersama warga,” kata Iptu Karim Hamzah Kapolsek Kepulauan Bunaken saat dikonfirmasi sindomanado.com.

Lebih lanjut Iptu Karim menjelaskan, perlu beberapa orang untuk melepaskan penyu yang oleh warga dinamakan Jacky tersebut kembali ke laut, karena ukurannya yang besar.

“Kami bersama-sama dengan beberapa warga yang peduli dengan pelestarian lingkungan langsung melepaskan penyu ke laut,” ujarnya.

Hewan amphibi yang diperkirakan jenis penyu belimbing berukuran sekira satu meter tersebut diperkirakan terdampar akibat cuaca dan terpisah dari koloninya

“Hewan ini termasuk yang dilindungi dan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, setelah diselamatkan kami langsung melepas ke pantai sebagai habitat aslinya,” jelas Iptu Karim.

Dia pun berharap kesadaran semua pihak memberikan perhatian terhadap pelestarian lingkungan, khususnya perlindungan terhadap hewan biota laut.

“Menjadi kesadaran bersama juga bagi kita untuk tidak lagi memburu penyu, baik untuk dikonsumsi atau mengambil cangkangnya,” tutup mantan Kanit Paminal Polresta Manado tersebut. (Deidy Wuisan)