Gandeng Jurnalis, DAW Gelar Edukasi Keselamatan Berkendara #Cari_Aman

oleh -92 Dilihat
Tampak kegiatan edukasi keselamatan berkendara yang digelar DAW. (Foto: Fernando Rumetor)

MANADO – PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) kembali memberikan edukasi dan pelatihan mengenai keselamatan berkendara kepada para Jurnalis di Kota Manado, Jumat (29/4/2022).

Sebagai main dealer sepeda motor Honda di Sulawesi Utara, terus menunjukan kepeduliannya terhadap keselamatan berkendara di jalan raya lewat sosialisasi kampanye #Cari_Aman.

Marketing Division Head, Jemmy Febrianto mengatakan, DAW rutin memberikan edukasi dan pelatihan mengenai safety riding kepada pelajar, komunitas maupun karyawan.

“Khusus kepada teman-teman jurnalis, sekaligus untuk penyegaran kembali. Sekaligus teman-teman jurnalis bisa menyebarluaskan pentingnya keselamatan dalam berkendara kepada masyarakat,” kata Jemmy.

Sementara itu, Instruktur safety riding DAW, Yonathan Rotinsulu mengungkapkan bahwa dari pelatihan ini para jurnalis diharapkan mampu memahami pentingnya keselamatan berkendara, memahami teknis dasar berkendara serta mampu mengenali dan memprediksi bahaya.

“Ada tiga faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan. Pertama manusia, kedua lingkungan, ketiga kendaraan. Tapi 90 persennya karena manusia. Kelalaian pengendara sering jadi penyebab utama kecelakaan,” ujar pria yang akrab disapa Natan ini.

Untuk meminimalisir faktor resiko kecelakaan, kata Natan, maka pengendara harus memiliki pengetahuan berkendara yang baik, teknik berkendara, kesehatan serta kontrol emosi.

“Jangan berkendara saat kondisi kesehatan tidak prima, dan berusahalah untuk mengontrol emosi di jalan. Pun untuk mengantisipasi dampak kecelakaan pengendara harus selalu menggunakan helm, jaket, sarung tangan dan sepatu. ” ungkapnya.

Helm, menurut Natan akan melindungi bagian paling vital dari tubuh kita yaitu kepala dari benturan akibat kecelakaan. “Perlengkapan berkendara tidak akan mencegah terjadinya kecelakaan namun dapat meminimalisir resiko kecelakaan,” ucap Natan.

Kemudian faktor kendaraan, bebernya, juga merupakan salah satu poin penting yang harus diperhatikan demi keselamatan. Sebelum melakukan perjalanan, menurut dia pengendara harus melakukan perawatan motor secara berkala seperti mengganti oli, kanvas rem, ban, kaca spion dan lampu.
“Faktor yang paling unik adalah lingkungan. Kita dituntut untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan dimana kita berkendara, seperti kondisi jalan dan lingkungan dan cuaca,” ungkap Natan.

Dirinya pun menambahkan, pengendara diwajibkan memiliki karakter disiplin sebagai pengguna jalan seperti berkendara dengan aman dan nyaman karena bukan hanya demi keselamatan diri sendiri tapi bagi orang lain juga.

“Maka dari itu kita perlu memahami langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan sebelum berkendara sampai saat berkendara,” kuncinya.(Fernando Rumetor)