Ditjen Bina Keuda Kemendagri Tingkatkan Kapasitas SDM dan Internalisasi Berakhlak

oleh -1362 Dilihat
Dirjen Keuda Agus Fatoni saat memberikan arahan. (foto: istimewa)

JAKARTA – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus perkuat kapasitas perangkat kerja, salah satunya dengan menggelar Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Internalisasi Budaya Kerja Berakhlak, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh pegawai di lingkungan Ditjen Bina Keuda dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ditjen Bina Keuda Kemendagri.

Acara itu berlangsung secara hybrid di Gedung F Kantor Kemendagri dan diikuti pegawai yang melaksanakan work from home (WFH) melalui laman Youtube dan media sosial Ditjen Bina Keuda Kemendagri. Selain itu, agenda ini juga dirangkaikan dengan Halalbihalal Idulfitri 1443 Hijriah.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni memacu jajarannya agar terus meningkatkan kualitas diri guna mewujudkan pelayanan yang humanis dan Berahklak.

Dia menuturkan, momentum Idulfitri merupakan saat yang baik untuk kembali merefleksikan diri, meningkatkan kualitas diri, dan mempererat silaturahmi persaudaraan keluarga besar Ditjen Bina Keuda Kemendagri. Fatoni menekankan, pada prinsipnya seluruh pegawai harus terus memperbaiki diri dan kinerjanya.

“Saya berharap kepada teman-teman, tetap menjaga kekompakan, solidaritas, soliditas, dan silaturahmi untuk saling mengingatkan tadi, untuk terus memperbaiki diri, meningkatkan kapasitas, dan terus memperbaiki kinerja kita. Seperti itu harapan kami, maka kami terus melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini secara rutin,” ujar Fatoni.

Pada kegiatan yang menghadirkan Ustaz Taufiqurrahman atau kerap disapa Ustaz Pantun tersebut, Fatoni berharap agenda itu dapat menambah semangat, motivasi, wawasan, dan mengubah mindset seluruh pegawai di lingkungan Ditjen Bina Keuda Kemendagri. Dengan demikian, dapat mendorong percepatan pelaksanaan program/kegiatan, meningkatkan kinerja, serta mempercepat pelayanan.

“Perlu saling bersinergi, berkoordinasi, dan berkolaborasi dalam menjalankan pekerjaan, sehingga semua pekerjaan terasa mudah dan terasa ringan,” tandasnya.

Adapun selama ini, kata Fatoni, Ditjen Bina Keuda Kemendagri kerap menggelar kegiatan serupa. Di antaranya, Webinar Series Keuda Update yang setiap minggu dilaksanakan, workshop, Focus Group Discussion (FGD), bimbingan teknis, pembinaan, rapat koordinasi, dan talk show lainnya. (Puspen Kemendagri/rivco)