Digagas HIMIKA Unsrat, 77 Penyelam Siap Kibarkan Merah Putih di Laut Manado

oleh
HIMIKA Unsrat menginisasi Pengibaran Bendera Merah Putih dikawasan Laut Mega Mas, Rabu 17/08/2022. (Foto:ist)

MANADO-Perayaan detik-detik Proklamasi Republik Indonesia Ke-77 di Kota Manado, Sulawesi Utara, akan diwarnai pengibaran Merah Putih di Kawasan laut Kawasan Youth Center Mega Mas Rabu 17/8/2022.

Kegiatan ini digagas Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMIKA) Unsrat dan direncanakan melibatkan puluhan Penyelam.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Clara Maria Fatti mengungkapkan, peringatan upacara pengibaran bendera di dalam laut Manado ini menjadi kegiatan rutin tahunan dari HIMIKA.

“Tujuannya adalah untuk membangkitkan kesadaran Masyarakat Indonesia tentang pentingnya laut bagi kehidupan,” ujar Clara.

Selain itu, kegiatan ini sekaligus menjadi momentum bangkitnya Indonesia dari pandemi Covid-19 dengan semangat bahari.

Adapun teknis kegiatan ini kata Clara, direncanakan akan diikuti oleh ratusan peserta mulai dari Mahasiswa Ilmu Kelautan hingga para alumni, serta perwakilan dari ISKU, ISKINDO Angkatan Laut, Instansi Pemerintahan, Dive Center hingga ikut melibatkan Siswa-siswi SMA di Kota Manado.

“Jadi nantinya kita mulai dari daratan dengan perkiraan peserta 300 orang. Namun untuk penyelaman akan diikuti oleh 77 penyelam. Mereka nantinya yang akan mengibarkan Merah Putih didalam laut, sesuai dengan angka HUT Proklamasi di Tahun ini,” terangnya.

(Marfel Pandaleke)