Bercerita Tentang Listrik Bagi Anak Usia Dini, PLN Bersama PIKK Meriahkan Bulan Bahasa dan Sastra 2022

oleh
Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo Elisa Meijer Ari Dartomo bersama Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, W. Gautama turut ambil bagian dalam kegiatan bercerita kepada anak yang digelar Balai Bahasa Sulut. (FOTO: istimewa)

MANADO – PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo bersama dengan Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) turut mengambil bagian dalam perayaan Bulan Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (22/10/2022).

Hadir mewakili General Manager, W. Gautama selaku Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum serta didampingi oleh Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo, Elisa Meijer Ari Dartomo.

Selain mengundang PLN dan PIKK, dalam acara yang diikuti oleh perwakilan anak-anak sekolah dasar yang ada di Manado ini, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara juga turut mendatangkan tamu istimewa yaitu Konsul Jenderal Filipina di Manado, Hon. Angelica C. Escalona.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Januar Pribadi, menyebut bahwa bulan Oktober ini diperingati sebagai Bulan Bahasa dan Sastra oleh sebab itu ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam memeriahkan bulan yang penuh keceriaan ini.

“Selain agenda kegiatan bercerita untuk anak ini, kami juga melaksanakan beberapa kegiatan seperti bincang sastra, pentas sastra, lomba baca puisi, dan kampanye bahasa yang keseluruhan kegiatan tersebut kami kemas di bulan ini,” ujar Januar.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Suluttenggo, W. Gautama dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih kepada Balai Bahasa yang sudah mengundang dan mempercayakan PLN dalam kontribusinya memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra.

“PLN dan Balai Bahasa sudah menjalin kerja sama dan saling mensinergikan beberapa program kerja kurang lebih selama 2 tahun belakangan ini, untuk itu di beberapa kesempatan penyerahan bantuan PLN kepada masyarakat melalui program TJSL seperti peresmian Taman Baca Masyarakat (TBM) itu selalu didukung oleh Balai Bahasa,” jelasnya.

Pada kegiatan bercerita untuk anak ini, Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo, Elisa Meijer Ari Dartomo serta Konsul Jenderal Filipina di Manado, Hon. Angelica C. Escalona berkesempatan menceritakan beberapa cerita pendek kepada anak-anak yang hadir di Balai Bahasa.

“Saya memilih cerita yang saya gemari pada waktu saya kecil untuk diceritakan, dan ini menjadi kali pertama saya berinteraksi bersama dengan anak-anak di Indonesia, dan saya juga masih mempelajari bahasa Indonesia yang dibantu oleh Balai Bahasa,” bebernya.

Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo Elisa Meijer Ari Dartomo (kanan) saat cerita kepada anak-anak. (FOTO: istimewa)

Elisa Meijer Ari Dartomo yang baru menjabat selaku Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo pun menyampaikan bahwa kegiatan kolaborasi seperti ini akan menjadi perhatian khusus bagi pengurus PIKK karena dapat memberikan manfaat yang sangat berarti.

“Sebagai istri dari pegawai, kami dituntut untuk bisa mendukung kedinasan dari suami dan perusahaan, PIKK PLN juga selalu melaksanakan kegiatan yang positif seperti pada saat ini kami diberikan kesempatan untuk turut bercerita kepada anak-anak dibulan bahasa dan sastra saat ini,” terang Elisa.

“Pada kesempatan ini kami bercerita terkait dengan Komik Si Lintar yang merupakan komik cerita anak berisi edukasi kelistrikan untuk anak usia dini. Selain itu, tampilan komik yang menarik dengan cerita bergambar menjadi daya tarik tersendiri bagi yang membacanya” tambahnya.

Anak-anak terlihat antusias mengikuti cerita yang dibawakan oleh Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo, tak sedikit yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Elisa Meijer Ari Dartomo yang memberikan pertanyaan seputaran listrik yang dapat dipahami oleh anak-anak.

Sebagai solusi layanan kelistrikan, masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Dengan PLN Mobile, semua urusan kelistrikan jadi makin mudah. (Fernando Rumetor)