BERITA DUKA: Istri Gubernur Pertama Sulut Neltje Zus Tumbelaka-Ticoalu Berpulang

oleh
(foto: istimewa)

MANADO – Menjelang akhir tahun 2022, warga Sulawesi Utara (Sulut) berduka.

Istri Gubernur Sulut Pertama Alm Frits Johanes Tumbelaka, Zus Tumbelaka-Ticoalu berpulang ke Rumah Bapa.

Almarhumah menghembuskan nafas terakhir di IGD RSUD Maria Walanda Maramis, Minahasa Utara (Minut) pada Jumat (30/12/2022) Pukul 08.10 WITA.

Kabar duka ini langsung tersebar di media sosial (medsos).

Taufik Tumbelaka, putra bungsu Almarhumah Netje Zus Tumbelaka-Ticoalu mengatakan, sejak Kamis (29/12/2022), kondisi sang Ibunda masih seperti biasa saat masih berada di rumah.

“Saat menjelang pagi tadi, kondisi mama tiba-tiba menurun, hingga saya langsung membawa ke RS Walanda Maramis,” ucap Taufik.

Namun, Tuhan punya rencana lain, istri Gubernur Pertama Sulut tersebut dinyatakan meninggal dunia saat dirawat di IGD RS Walanda Maramis.

Saat ini, Jenazah Almarhum Ibu Neltje Zus Tumbelaka-Ticoalu akan disemayamkan di rumah duka Keluarga Tumbelaka-Ticoalu di Desa Suwaan, Kecamatan Kalawat, Minut.

Diketahui, Almarhumah Neltje Zus Tumbelaka-Ticoalu lahir di Palu Sulawesi Tengah pada 2 Januari 1938.

Almarhumah merupakan istri dari Frits Johanes Tumbelaka, atau dikenal dengan nama panggilannya Broer Tumbelaka (7 Maret 1921 – 20 Agustus 1983), yang merupakan Gubernur pertama Provinsi Sulawesi Utara.

Almarhumah meninggalkan dua putra Fajar Yahya Tumbelaka dan Taufik Manuel Tumbelaka serta seorang cucu, Ando Tumbelaka.

Almarhum divonis dokter mengalami gangguan ginjal sejak 21 Januari 2022, dan dirawat secara intens baik di sejumlah rumah sakit, bahkan dirawat di rumah keluarga di Desa Suwaan Kalawat.

Almarhum dikenal begitu setia sebagai sang istri saat sang suami Broer Tumbelaka menjabat dalam pemerintahan sebagai Gubernur Sulawesi Utara dan Tengah.

Setelah provinsi itu dipecah menjadi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, Broer Tumbelaka menjabat sebagai Gubernur Pertama Sulawesi Utara. Broer Tumbelaka diketahui memainkan peran penting dalam menemukan solusi damai atas konflik antara pemerintah Indonesia dan gerakan Permesta.

Selamat Jalan, Ibu Neltje Zus Tumbelaka Ticoalu, Tuhan Yesus dan para Kudus menjemputmu dalam keabadian. (rivco)