Pembangunan Usung Konsep Kekinian, Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Rampung 95%

oleh
Tampak bangunan Pusat KIA dipotret saat malam hari. (foto: istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menghadirkan satu ikon baru untuk memperkuat sektor kesehatan di Bumi Nyiur Melambai.

Itu adalah bangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang kini berdiri kokoh di samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK, Jalan Bethesda Sario, Kota Manado.

Progres pembangunan Pusat KIA sudah mencapai 95% sejak dilakukan peletakan batu pertama oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw pada 27 Mei 2022 lalu.

“Bangunan lima lantai ini untuk eksteriornya sudah rampung, tinggal interior bangunan. Progresnya 95 persen,” kata Sekdaprov Sulut, Steve Kepel, Jumat (30/12/2022).

Realisasi pembangunan Pusat KIA sangat sesuai dengan gambar desainnya.

“Konsisten dengan perencanaan. Perencananya orang lokal sehingga tidak mahal, dan waktu desainnya tidak lama,” jelas Kepel.

Menurutnya, pembangunan Pusat KIA merupakan komitmen OD-SK dalam penyediaan kebutuhan dasar bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

“Khususnya dalam pemenuhan kesehatan gizi anak sejak masih dalam kandungan, serta keselamatan ibu saat mengandung hingga melahirkan. Termasuk paling utama penanganan kasus stunting di daerah ini,” jelasnya.

“Pembangunan ini terus diawasi pimpinan. Pak gubernur memang menargetkan daerah ini bisa menjadi kiblat pelayanan kesehatan di wilayah Indonesia Timur,” sambung Sekdaprov.

Tampak dari luar bangunan bergaya modern ini sangat menarik perhatian, khususnya di malam hari dengan pencahayan yang baik. Pun sekitar bangunan ditunjang dengan fasilitas pengamanan dan parkir yang representatif. (rivco)