Jelang HUT Kotamobagu, Asripan Nani Ziarah ke Makam Mantan Kepala Daerah

oleh


KOTAMOBAGU
– Dalam rangka menyambut HUT ke-17 Kota Kotamobagu, Penjabat Wali Kota Asripan Nani melakukan ziarah ke makam para raja dan mantan pejabat Bolaang Mongondow Raya. Rabu (22/5/2024). Menurut Asripan, hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan sekaligus kilas balik terhadap sejarah perjalanan Bolaang Mongondow Raya. “Sebagai generasi penerus, tentunya kita tidak bisa melupakan jas merah para pendahulu kita, pejuang kita, tidak bisa dilupakan jasa-jasa pemimpin, baik itu raja maupun pejabat daerah,” ujar Asripan.

Ia pun berharap, tradisi ziarah ke makam-makam para pendahulu ini akan terus berkelanjutan di tahun-tahun mendatang. “Kami berharap kepada pemimpin Kota Kotamobagu ke depan, budaya dan tradisi penghormatan kepada para pendahulu ini selalu dipupuk, karena ini bagian dari kultur kepribadian kita sebagai masyarakat adat Bolaang Mongondow,” harapnya.

Asripan juga menyampaikan, akan merekomendasikan makam para raja maupun pendahulu Bolaang Mongondow ini, menjadi destinasi wisata. “Ke depannya, saya juga akan merekomendasikan beberapa makam yang menjadi perhatian pemerintah, sekaligus kalau boleh mengusulkan agar tempat ini dijadikan destinasi wisata,” pungkasnya.

Dalam ziarah tersebut, Penjabat Wali Kota bersama unsur Forkopimda Kotamobagu mengunjungi kurang lebih 11 makam mantan penjabat dan tokoh Bolaang Mongondow Raya. Diantaranya makam Almarhum Abdullah Mokoginta (Mantan Wakil Gubernur Sulawesi Utara), Frans Papunduke Mokodompit (Mantan Bupati Bolaang Mongondow), Muda Mokoginta (Mantan Bupati Bolaang Mongondow), Abo’ Tadohe (Tokoh Bolaang Mongondow), S Y C Mokoginta (Mantan Wakil Bupati Bolaang Mongondow), Loloda Mokoagow/Datu Binangkang (Raja Bolaang Mongondow), D C Manoppo (Raja Bolaang Mongondow), H J A Damopolii (Mantan Bupati Bolaang Mongondow), Piet Yohanis Manoppo (Mantan Penjabat Bupati Bolaang Mongondow), S. Paputungan (Mantan Bupati Bolaang Mongondow) serta Syamsuddin Kuji Moha (Mantan Ketua DPRD Kotamobagu Pertama). (Novianti Kansil)